Digital Printing»

MIMAKI TS300P-1800, PRINTER TEKSTIL HIGH-SPEED DYE SUBLIMATION

MIMAKI TS300P-1800, PRINTER TEKSTIL HIGH-SPEED DYE SUBLIMATION

Digital Printing 24 Maret 2016 Loading..

Mimaki hadirkan sebuah Inkjet printer generasi baru untuk Dye Sublimation bernama TS300P-1800. Printer ini memiliki lebar area cetak sekitar 1,8 meter dan telah hadir di Indonesia. Mimaki mengembangkan printer ini secara khusus untuk mendukung para pelaku usaha di industri tekstil.
Mimaki TS300P-1800 hadir dengan didukung oleh teknologi terbaru dan
menanamkan fitur-fitur terbaik serta tinta tekstil terbaru seri Sb410. Printer ini mampu menghasilkan cetakan dengan kualitas dan produktivitas yang tinggi sehingga sangat cocok untuk pasar fashion, pakaian olahraga dan lain sebagainya.
Selain itu, mesin printer Mimaki TS300P-1800 memberikan biaya cetak yang efisien dan efektif, karena memiliki kecepatan cetak hingga 115 meter persegi per jam. Printer ini didukung oleh perangkat lunak Raster Link 6 dan Tx Link 3 Lite, guna menghasilkan cetakan terbaik.

Read More »
KONICA MINOLTA NASSENGER 8

KONICA MINOLTA NASSENGER 8

Digital Printing 22 Maret 2016 Loading..

Sebuah printer untuk produksi tekstil dihadirkan Konica Minolta dengan nama Nassenger 8. Printer ini hadir dengan resolusi tinggi dengan berbagai pilihan kualitas produksi mulai dari draft hingga extra dengan kecepatan berbeda-beda.

Konica Minolta berkomitmen melayani pelanggannya secara maksimal dan membantu meningkatkan kapasitas produksi mereka. Sebuah printer yang bisa dipergunakan untuk produksi tekstil adalah Nassenger 8.

Printer ini menyediakan fasilitas kualitas printing berbeda-beda, misalnya untuk pilihan print draft pengguna bisa melakukan produksi mulai dari 170-380 meter persegi per jam, untuk standar satu bisa bekerja dengan kecepatan 130 – 240 meter persegi per jam. Pada pilihan standar dua bisa produksi 70 – 200 meter persegi per jam sedangkan pada pilihan standar tiga bisa beroperasi 60 – 110 meter persegi per jam. Untuk pilihan extra, pengguna bisa memilih extra satu dengan kecepatan 40 – 110 meter persegi per jam, sedangkan extra dua mampu beroperasi 30 – 60 meter persegi per jam.

Konica Minolta menggunakan printhead inkjet yang dikembangkan, hasilnya tidak perlu diragukan. Performa printer ini diharapkan memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Printer yang mudah dioperasikan ini dilengkapi layar sentuh yang user friendly. (Bud)

Read More »
EPSON LARGE FORMAT PRINTER P SERIES

EPSON LARGE FORMAT PRINTER P SERIES

Digital Printing 21 Maret 2016 Loading..

Epson hadirkan inovasi produk terbaru Large Format Printer Surecolor P-Series P6000 - 9000. Printer untuk para profesional fotografi, desainer dan proofing printing. Printer P-Series ini berkemampuan mumpuni dengan warna tajam dan cerah karena didukung UltraChrome HD Delapan warna.

Surecolor P-Series P6000 – 9000 hadir dengan teknologi printhead Precision Core dan tinta pigmen UltraChrome HDX. Printer ini juga bekerja dengan alur yang efisien dan bisa terkoneksi dengan berbagi fitur koneksi seperti USB dan Ethernet.

Printer dengan target pasarnya, untuk SC P-7000/P-9000 akan mengambil pasar High End Photo dan proof, sedangkan P-6000/P-8000 untuk photo, proof dan fine art/repro. Sementara untuk printer SC P-6000/P-8000 diperuntukkan membuat produksi poster.
“Printer ini siap melayani berbagai kebutuhan para profesional dan pelaku usaha di Indonesia. Printer yang dilengkapi teknologi terkini dan tinta terbaik diharapkan mampu meningkatkan produktivitas,´ kataLina Marliani, Product Marketing C&I Department Head Epson Indonesia dalam acara Gathering Introducing Epson SureColor P-Series di Jakarta.

Read More »
Mengenal Mesin Heat Press

Mengenal Mesin Heat Press

Digital Printing 17 Maret 2016 Loading..

Ketika berbicara tentang sublimasi printing, tentunya tidak dapat lepas dari peranan perangkat bernama Heat Press. Heat Press adalah mesin yang digunakan untuk menyatukan gambar atau desain pada kain, tshirt atau media lainnya.

Dalam proses sublimasi, desain atau gambar disatukan dengan media kain, tshirt atau media lainnya menggunakan perangkat Heat Press. Perangkat ini menggunakan daya tekan dan juga hawa panas pada suhu tertentu untuk mentransfer gambar pada kain.

Hal terpenting pada sebuah mesin Heat Press adalah kemampuannya untuk membagikan suhu secara konsisten diseluruh permukaan pelat. Hal ini untuk menjamin penerapan yang konsisten dari perpindahan panas. Suhu yang tepat juga penting dalam satu proses produksi sublimasi untuk hasil yang berkualitas. Selain itu, tekanan yang stabil juga sangat memperngaruhi kualitas akhir sebuah aplikasi.

Beberapa fitur yang harus diperhatikan saat memilih mesin Heat Press antara lain:

-          Kemudahan penggunaan

-          Kemudahan dalam mencari dan mengganti sparepart

-          Temperatur yang konsisten

-          Pengukur tekanan digital

-          Pembaca suhu digital yang akurat

-          Garansi

-          Ukuran mesin

Secara umum ada 2 jenis mesin Heat Press kecil yang beredar dipasaran.  Jenis Heat Press tersebut adalah Clamshell Heat Press dan Swinger Heat Press.

Clamshell Heat Press

Mesin ini memiliki engsel dibagian belakang pelat atas yang akan berfungsi untuk membuka dan menutup. Media aplikasi diletakkan di pelat bawah, pelat atas kemudian ditutup untuk mengalirkan panas dan suhu yang sesuai. Proses yang ditawarkan oleh mesin Clamshell Heat Press ini cukup sederhana. Ukuran mesinnya juga tidak terlalu menyita tempat.

Swinger Heat Press

Mesin Heat Press jenis ini membutuhkan ruangan yang lebih banyak karena saat membuka atau menutup, pelat atas diayunkan menjauh dari pelat bawah. Sistem ini akan membuat pengguna nyaman saat meletakkan bahan di atas pelat karena memungkinkan pengguna untuk akses penuh ke substrat.

Saat ini, banyak produsen yang menciptakan mesin heat press model swing yang dapat digunakan pada beberapa media yang berbeda. Mesin heat press model all in one dapat dilepas pada bagian pemanasnya untuk kemudian diganti dengan plat pemanas yang sesuai dengan media yang dibutuhkan seperti gelas, mug, topi dan lain-lain.

Selain mesin Heat Press ukuran kecil, saat ini telah tersedia pula mesin Heat Press dengan ukuran besar atau dikenal dengan Industrial Heat Press. Yang termasuk dalam jenis industrial heat press adalah mesin Roll to Roll Press.

Read More »
Teknologi Print Head Digital Printing

Teknologi Print Head Digital Printing

Digital Printing 30 Juni 2015 Loading..

Penulis: Budi Santoso

Pada tahun 1990 Print Head mulai diperkenalkan dan ini menjadi langkah awal digital printing. Penetrasi pasar digital printing ke pasar tradisional secara keseluruhan masih relatif kecil tetapi industri ini tumbuh signifikan.

Print head sebagai kunci keberhasilan dari digital printing. Komponen ini menjadi otaknya untuk kecepatan produksi, kehandalan kinerja dan kualitas printing. Memang print head tidak dapat berdiri sendiri karena harus didukung komponen lain dan software.

Hadirnya print head yang baru dan lebih cepat mendorong perkembangan dan pertumbuhan digital printing. Teknologi print head ada dua jenis yaitu Piezo print head dan Thermal Printhead.

1. Piezo Printheads.

Print head Epson Micro Piezo, elemen piezoelektrik mikroskopis (seperti kristal dan keramik) yang dibuat di belakang Print nozzel. Ketika muatan listrik diterapkan, elemen-elemen ini menekuk ke belakang, dan mengeluarkan jumlah yang tepat dari tinta ke substrat.

Muatan listrik dapat diaktifkan dan dinonaktifkan seperti switch, ada sejumlah besar kontrol atas tingkat tinta yang dikeluarkan melalui nozzle sementara juga dapat menciptakan titik bulat sempurna pada ukuran tetesan yang berbeda.

 

Diagram 1_Cara Kerja Epson Micro Piezo

Piezo selain digunakan Epson juga menjadi andalan printer Spectra dan Ricoh. Sebelumnya juga dipakai Mutoh, Roland, dan Mimaki. Mimaki menjadi mitra pertama mereka,

Print head Epson digunakan puluhan merek Cina yakni menggunakan print head Epson DX. Sedangkan Epson hadirkan Epson eco-solvent printer, sehingga printer pengguna print head Epson saling bersaing berebut pasar.

Printhead Epson juga digunakan ribuan printer di seluruh dunia tetapi dianggap sebagai entry-level dibandingkan dengan tingkat industri merek print head Jepang lainnya.

Sementara itu, Konica Minolta dari Jepang diakui di seluruh dunia dan memberikan pengetahuan dan keahlian. Dalam enam tahun terakhir pangsa pasar Konica Minolta meningkat, terutama pada printer mid-level.

Penggunaan print head Ricoh perlahan namun pasti sedang mengambil pangsa pasar, Produk Xaar, Konica Minolta dan Spectra dengan mudah dijumpai di banyak pameran-pameran. Print head Ricoh khususnya banyak digunakan untuk printer textile, Mimaki TX500 menggunakan printhead Ricoh Generasi 5.

Perusahaan Fujifilm Dimatix atau biasa disebut dengan Spectra dulu sangat terkenal dengan film untuk kamera, saat ini banyak berkonsentrasi di pembuatan print head, beberapa type keluaran spectra print head antara lain Galaxy, Nova, Polaris dan beberapa type lainnya, produk printer terkenal yang menggunakan Spectra Print head salah satunya adalah Kornit digital Printing.

2. Thermal Printheads.

Teknologi inkjet thermal menggunakan panas, Sebagai lawan listrik, untuk memaksa tinta dari print head ke permukaan substrat. Secara konseptual mirip dengan gelembung air saat direbus.

Teknologi inkjet thermal bekerja dengan electrifying resistor mikroskopis dibelakang print nozzle, menciptakan panas yang hebat yang menguapkan tinta untuk membuat gelembung yang mengembang begitu cepat, tinta secara harfiah meledak ke kertas.

Setelah mengeluarkan tinta, ruangan kemudian mendingin dengan cepat untuk memungkinkan lebih banyak tinta untuk mengisi ruang dan proses ini diulang kembali.

 

Diagram 2_Cara kerja thermal inkjet print head

Beberapa Printer yang menggunakan print head Thermal antara lain Canon, HP dan Lexmark. Canon printheads seringkali disebut dengan Bubblejet, semua printer canon menggunakan Print head jenis Thermal.

HP menginvestasikan jutaan dollar untuk memajukan teknologi printhead thermal. Printing HP Latex telah merevolusi industri cetak large format, HP memberikan fleksibilitas tak tertandingi dan kualitas luar biasa ditambah dengan standar lingkungan yang sangat tinggi.

Dengan produk yang dapat diaplikasi baik di dalam atau di luar ruangan, seperti pada mobil, dinding, tekstil, dan banyak lagi, dengan teknologi latex HP berusaha menjadi pioneer dibidang industry Digital Printing.

Dengan Teknology latex HP seolah-oleh ingin mengibarkan bendera dan meniup terompet peperangan di industri digital printing, dengan maksimum produktifitas 77 m2/ jam untuk produk indoor dan 180m2/jam untuk produk Outdoor menjadikan HP Latex 3000 salah satu pioneer dibidangnya.

Read More »