Mengenal Mesin Heat Press

Digital Printing 17 Maret 2016 Loading..
Digital Printing

Ketika berbicara tentang sublimasi printing, tentunya tidak dapat lepas dari peranan perangkat bernama Heat Press. Heat Press adalah mesin yang digunakan untuk menyatukan gambar atau desain pada kain, tshirt atau media lainnya.

Dalam proses sublimasi, desain atau gambar disatukan dengan media kain, tshirt atau media lainnya menggunakan perangkat Heat Press. Perangkat ini menggunakan daya tekan dan juga hawa panas pada suhu tertentu untuk mentransfer gambar pada kain.

Hal terpenting pada sebuah mesin Heat Press adalah kemampuannya untuk membagikan suhu secara konsisten diseluruh permukaan pelat. Hal ini untuk menjamin penerapan yang konsisten dari perpindahan panas. Suhu yang tepat juga penting dalam satu proses produksi sublimasi untuk hasil yang berkualitas. Selain itu, tekanan yang stabil juga sangat memperngaruhi kualitas akhir sebuah aplikasi.

Beberapa fitur yang harus diperhatikan saat memilih mesin Heat Press antara lain:

-          Kemudahan penggunaan

-          Kemudahan dalam mencari dan mengganti sparepart

-          Temperatur yang konsisten

-          Pengukur tekanan digital

-          Pembaca suhu digital yang akurat

-          Garansi

-          Ukuran mesin

Secara umum ada 2 jenis mesin Heat Press kecil yang beredar dipasaran.  Jenis Heat Press tersebut adalah Clamshell Heat Press dan Swinger Heat Press.

Clamshell Heat Press

Mesin ini memiliki engsel dibagian belakang pelat atas yang akan berfungsi untuk membuka dan menutup. Media aplikasi diletakkan di pelat bawah, pelat atas kemudian ditutup untuk mengalirkan panas dan suhu yang sesuai. Proses yang ditawarkan oleh mesin Clamshell Heat Press ini cukup sederhana. Ukuran mesinnya juga tidak terlalu menyita tempat.

Swinger Heat Press

Mesin Heat Press jenis ini membutuhkan ruangan yang lebih banyak karena saat membuka atau menutup, pelat atas diayunkan menjauh dari pelat bawah. Sistem ini akan membuat pengguna nyaman saat meletakkan bahan di atas pelat karena memungkinkan pengguna untuk akses penuh ke substrat.

Saat ini, banyak produsen yang menciptakan mesin heat press model swing yang dapat digunakan pada beberapa media yang berbeda. Mesin heat press model all in one dapat dilepas pada bagian pemanasnya untuk kemudian diganti dengan plat pemanas yang sesuai dengan media yang dibutuhkan seperti gelas, mug, topi dan lain-lain.

Selain mesin Heat Press ukuran kecil, saat ini telah tersedia pula mesin Heat Press dengan ukuran besar atau dikenal dengan Industrial Heat Press. Yang termasuk dalam jenis industrial heat press adalah mesin Roll to Roll Press.