Event»

PRINTEX INNOVATION BERBAGI PENGETAHUAN USAHA TEKSTIL DAN SABLON

PRINTEX INNOVATION BERBAGI PENGETAHUAN USAHA TEKSTIL DAN SABLON

Event 31 Mei 2016 Loading..

Pelaku usaha harus terus meng-update pengetahuan agar usaha yang ditekuninya maju dan berkembang. Untuk menambah pengetahuan para pelaku usaha Majalah Printex menggelar kegiatan Printex Innovation yang menghadirkan pembicara yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidangnya. Seperti Charlie Taublieb dan Muhammad Lukman.

Dalam pemeran industri tekstil dan garmen terbesar di Asia Tenggara bernama Indo Intertex 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta pada akhir April lalu. Pameran ini menghadirkan berbagai perangkat dan teknologi terkini bagi industri tekstil. Berbagai Negara ikut ambil bagian.

Selain menggelar pameran, Indo Intertex 2016 menyelenggarakan seminar WTiN South East Asia Digital Textile Conference dengan tajuk “The State of the Art in Printing Technology”. Seminar ini menghadirkan para pembicara terbaik di bidangnya. Seperti Designer Fika Julia yang membahas New creative adventures in digital textiles, Mikito Nakahata Sales and Marketing Specialist Konica Minolta mengangkat Industrial revolution with inkjet technology, Dr. Christophe Bulliard, Commercial Director, Sensient Imaging Technologies mengulas The development of digital textile printing solutions as a contribution to more sustainable manufacturing processes, dan Mr Farley Chen, Regional Sales Manager, Atexco China (Hong Hua Digital) menjelaskan Digital printing bring new dimension to Indonesian printing business.

Kegiatan lain yang juga berlangsung adalah Printex Innovation. Acara ini berlangsung selama pameran dengan menghadirkan Charlie Taublieb, pakar screen printing dari Amerika Serikat yang membawakan materi Simulated Color Process, kemudian dilanjutkan dengan gesut bareng bersama para pelaku sablon Nusantara.

Pada hari kedua pameran, digelar berbagi pengetahuan oleh Muhammad Lukman dari JBatik dengan tema mengembangkan desain batik tradisional dengan batik fractal, dan dilanjutkan oleh Adi Nugroho dari Adobe Indonesia yang mengulas Because, Creativity Changes The World.

Para pengunjung kembali dimanjakan pada hari ketiga, Printex Innovation menjelaskan bisnis on-line kaos satuan yang dibawakan oleh Yudhi Hidayat dari Printkaos.com, kemudian dijelaskan juga meraup untung dengan kasa cetak sublimasi oleh Sugiarto dari IDEKU. Sementara bagi pelaku usaha di digital printing, Oboy dari TDAG Printer menjabarkan topik kualitas cetak DTG bagus sedangkan Farley dari Kalorin menguraikan tentang Berkreasi dengan Direct to Textile.

Pada hari terakhir pameran Indo Intertex 2016, Charlie Taublieb kembali berbagi pengetahuan kepada para pengunjung di areal Printex Innovation dengan bahasan Four Color Process.

Para pengunjung yang juga pelaku usaha di industri tekstil dan garmen terutama pelaku sablon, digital print untuk kaos dan lainnya terlihat senang dan menikmati berbagai pengetahuan yang disajikan, bahkan beberapa orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bersama gurunya terlihat mengikuti dengan seksama dan antusias.

Harapannya kegiatan Printex Innovation akan terus digelar, guna memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha di Industri tekstil dan garmen Indonesia.
Sampai jumpa di acara Printex Innovation berikutnya.

Read More »
Konferensi Digital Textile Printing di IndoIntertek 2016

Konferensi Digital Textile Printing di IndoIntertek 2016

Event 19 April 2016 Loading..

Event pameran tekstil terbesar akan segera digelar di Indonesia, tepatnya di JI Expo Kemayoran. Event bertajuk IndoIntertek 2016 ini akan dimeriahkan dengan pameran mesin-mesin serta teknologi terbaru diindustri tekstil. 

Tidak hanya pameran, event ini juga semakin seru dengan adanya seminar-seminar menarik. Salah satunya adalah seminar yang membahas tentang Digital Textile Printing yang diadakan oleh World Textile Information Network dari Inggris.

Seminar yang mengambil tema “The State of the Art in Printing Technology” ini akan mengundang pembicara-pembicara yang kompeten dibidangnya. Para pembicara yang akan memberikan ilmunya diantaranya Fika Julia – Designer, Muhamad Lukman – Batik Fractal, Agung Widodo – Samafitro, lina Mariani dari Epson Indonesia, serta masih banyak lagi pembicara lainnya.

Seminar ini akan digelar pada tanggal 28 April 2016 di ruang Semeru 2, IndoIntertek 2016. Berikut Printex lampirkan susunan lengkap acara The State of the Art in Printing Technology.

The State of the Art in Printing Technology

28TH April 2016  Venue:  Semeru 2, INDO INTERTEX 2016

Jakarta International Expo- Indonesia

09:30                 Welcome coffee - Registration opens

Session 1: Market overview and creative opportunities

10:00 am           Welcome and introduction

                             John Scrimshaw, Analyst and Head of Content, WTiN

10:30 am           New creative adventures in digital textiles

                             Fika Julia, Designer

11:00 am           Tradition meets modernity: Digital printing for Indonesian batik designs

                             Muhamad Lukman, Director, Batikfractal

11:30 pm           Coffee Break

12:00 pm           Digital textile pigment printing: the great technology choice

                             Marco Girola, Marketing Specialist, JK Group SpA

12:30 pm           How to introduce digital printing into traditional printing operations?

                             Roundtable discussions

13:00 pm           Lunch

Session 2: Technology for digital print

2:00 pm             Industrial revolution with inkjet technology

                             Mikito Nakahata, Sales and Marketing Specialist, Konica Minolta

2:30 pm             How to make money with Digital Textile Printing?

                             Jos Notermans, Commercial Manager Digital Textiles, SPGPrints

3:00 pm             The development of digital textile printing solutions as a contribution

                             to more sustainable manufacturing processes

                             Wayne Chapman, Account Manager, Sensient Imaging Technologies

3:30 pm             Coffee Break

4:00 pm             Digital printing brings a new dimension to Indonesian printing businesses

                             Farley Chen, Regional Sales Manager, Atexco China (Hong Hua Digital)

4:30 pm             Digital textile printing industry trends, movement and growth  

                             James Lim, Senior Manager, Epson Singapore; Lina Mariani, Epson Indonesia,

5:00 pm             Printing in Indonesia

                             Agung Widodo, Senior Manager, PT. Samafitro

5:30 pm             Networking Drinks reception

Demikian susunan acara The State of the Art in Printing Technology. Apabila anda ingin mengikuti seminar ini, anda dapat mendaftar di https://www.digitaltextileconference.com/seadtc2016/delegates/

Jangan sampai ketinggalan kemeriahan pameran IndoIntertek 2016. 

https://www.digitaltextileconference.com/seadtc2016/programme/

Read More »
IAPE BALI RESMI DIBUKA

IAPE BALI RESMI DIBUKA

Event 08 April 2016 Loading..

 

Indonesia Apparel Production Expo (IAPE) 2016 di Denpasar, Bali yang berlangsung mulai tanggal 7 – 10 April 2016 resmi digelar. Pameran ini diharapkan bisa menggerakkan usaha produksi sandang atau pakaian di Bali dan sekitarnya.
Indonesia Apparel Production Expo (IAPE), pameran bisnis dan teknologi produksi pakaian (Apparel Production), yang menyajikan proses produksi apparel mulai dari hulu hingga hilir, mulai dari bahan kain hingga produk jadi, mulai dari proses desain hingga proses produksi barang jadi, sehingga akan tersaji rantai model bisnis yang komprehenship.

“Kami berupaya menginformasikan perkembangan dan kemajuan teknologi terkait proses produksi apparel, sehingga para pelaku usaha atau masyarakat mendapatkan informasi mengenai produk atau pun teknologi terbaru. Dengan informasi dan melihat langsung produk diharapkan mampu menghasilkan produk berkualitas dan juga mampu bersaing serta mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri (nasional) maupun luar negeri (ekspor), “ kata Aulia Suhandika, Project Manager Pameran IAPE.

Memasuki tahun ketiga penyelenggaraan roadshow IAPE, pada tahun 2016 ini menunjukkan, bisnis atau industri produksi pakaian di daerah tumbuh dan berkembang. Roadshow 2016 telah dimulai di kota Solo pada Maret lalu, kini IAPE 2016 hadir di Denpasar Bali pada tanggal 7-10 April 2016.

Pameran IAPE Bali diikuti berbagai pidak seperti pihak Distributor, Produsen, Kaos Polos, Mesin Jahit, Mesin bordir , Jarum, perlengkapan sblon, printer digital, Print & Cut, Hot Fix dan lainnya.

IAPE merupakan pameran bisnis dan teknologi produksi pakaian (apparel production), yang menyajikan proses produksi mulai dari hulu hingga hilir, mulai dari bahan kain, mesin produksi hingga produk jadi, mulai dari proses desain hingga proses produksi barang jadi. , sehingga akan tersaji rantai model bisnis yang komprehenship.

“Indonesia sebagai bagian dari Masyarakat Ekonomi ASEAN yang berjalan sejak awal 2016 akan membuat para pelaku usaha mempunyai pesaing dari Negara-negara tetanggai sehingga persaingan semakin ketat. Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi dan komunikasi lebih intens kepada relasi dan target pasar dalam rangka mempertahankan konsumen yang telah ada dan sekaligus mendapatkan pasar yang baru,” kata Bambang Supriyadi, Ketua Panitia IAPE.

Dalam pidato pembukaan , Paryono, Kepala Balai Diklat Industri Denpasar, Kementerian Perindustrian menyampaikan, sangat mengapresiasi penyelenggaraan pameran industri tekstil dan garment di Denpasar, Bali. “Pamerana ini diharapkan mampu mengedukasi dan memberikan perkembangan informasi dan teknologi terbaru kepada para pelaku usaha di Bali” kata Paryono. Paryono berharap para pelaku usaha Indonesia dapat terus tumbuh dan mampu bersaing di tingkat regional maupun internasional.

“Pameran teknologi ini juga akan menjadi pendorong bagi para pelaku usaha di Bali. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Selain itu pameran jangan hanya menjadi arena pajang mesin atau ajang promosi tetapi diharapkan mampu meningkatkan produktivitas bisnis kreatif di bali, tambah Paryono.

Selamat berpameran. Hadiri dan ramaikan pameran IAPE 2016 di Bali. Jangan lewatkan kesempatan ini.

Read More »
Gesut Bareng Printex di IndoIntertex

Gesut Bareng Printex di IndoIntertex

Event 07 April 2016 Loading..

Ayo bergabung bersama 300 Gesuter Sablon Indonesia pada acara menyablon bersama pada acara pameran INDOINTERTEX, 28-29 April 2016, jam 12:00 - 17:00 WIB di Hall C2, JIEXPO Kemayoran - JAKARTA.

Peserta menyablon kaos jadi dan kain panjang dari gambar hasil karyanya sendiri.

DESAIN : Desain Asli buatan sendiri, bertema Budaya Indonesia berupa Gambar atau Kata-kata, maksimal 3 warna. Ukuran minimal A4 dan maksimal A3. Tidak terkait SARA, Politik dan Pornografi.

GESUT KAOS BARENG – KAMIS ,28 APRIL 2016 : Peserta membawa peralatan sendiri: screen frame sudah diafdruk, tipe meja banting atau metode todong siap cetak dan kelengkapannya, Tinta PLASTISOL, Rakel/squeegee. PRINTEX menyediakan 1(satu) kaos GILDAN, dan bila peserta ingin membuat lebih, dapat membawa sendiri kaos polos. Peralatan dapat ditinggal di lokasi untuk acara besuknya.

GESUT KAIN PANJANG BARENG – JUM’AT 29 APRIL 2016 Sablon satu warna bebas, Tinta rubber base dan mudah kering, Desain pada screen frame boleh memakai bekas atau baru. Kain panjang disediakan oleh PRINTEX.

PERSYARATAN PESERTA

  1. Terbuka untuk pemain sablon pemula ataupun senior.
  2. Membayar biaya partisipasi sebesar Rp.100.000 (seratus ribu rupiah) per peserta untuk kedua acara. Setiap perusahaan/komunitas bebas mengikut sertakan jumlah karyawannya.
  3. Pendaftaran melalui WA dan SMS 081319176302 a/n Alim Aladin dengan mengisi : Nama peserta - Nama Usaha/brand - Alamat domisili - Email address - Nomer terlepon / HP.
  4. Pembayaran melalui transfer Rekening BCA, No-Rek : 5860244111 atas nama : Limanto.
  5. Pendaftaran terakhir ditutup tanggal 25 April 2016. Technical meeting dishare via FB + email
  6. Kirim lampiran pendaftaran Anda dan pertanyaan ke email address : info@printexmag.com.

MANFAAT BAGI PESERTA

  1. Turut serta dalam event Internasonal, nama kelompok atau pribadinya dikenal karena diliput media nasional dan internasional. Diliput pula oleh PRINTEX.
  2. Dapat berfoto bersama Mr. Charlie Taublieb, ikon screen printing dari Amerika. 
  3. Peserta dapat memamerkan hasil karyanya dan boleh menjual bila ada pengunjung yang berminat. Dapat pula membagikan brosur atau kartu nama usahanya.
  4. Mendapat Sertifikat Keikutsertaan PRINTEX dan majalah PRINTEX.
  5. Pendapatan bersih akan disumbangkan ke Palang Merah Indonesia.

Ayo manfaatkan peristiwa pertama di Indonesia dan di dunia ini

Read More »
INDO INTERTEX 2016 - Moving Forward for ASEAN’s Bright Market

INDO INTERTEX 2016 - Moving Forward for ASEAN’s Bright Market

Event 30 Maret 2016 Loading..

Peraga Expo menyelenggarakan pameran dagang terbesar internasional di ASEAN untuk industry tekstil dan garmen. 

Salah satu ajang pameran industri tekstil paling berpengaruh di Asia Tenggara - Indo Intertex 2016 akan dihelat di Jakarta. Pameran ini akan diselenggarakan di Jakarta International Expo, Indonesia pada tanggal 27 - 30  April 2016. Lebih dari 610 peserta pameran dari 24 negara turut serta meramaikan Indo Intertex 2016 yang akan memanfaatkan ruang lebih dari 23.300 meter persegi . Produk dan solusi yang dipamerkan akan meliputi mesin dan teknologi terbaru dalam pemintalan , tenun , rajut , pencelupan, pencetakan , pengujian tekstil dan peralatan pengukuran dan kontrol , mesin garmen dan aksesoris , produk tekstil serta semua jenis zat warna dan pigmen.

Respon yang cukup tinggi dari produsen tekstil terkenal dan garmen internasional untuk masuk dan berinvestasi di Indonesia menjadikan nilai tambah strategis terhadap kualitas produk dan produktivitas yang lebih tinggi sebagai respon terhadap hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) atau Asean Economic Community (AEC).

IndoIntertex 2016 bertindak sebagai pelopor untuk memimpin transformasi dan peningkatan industri tekstil di Indonesia. Ajang ini membawa susunan produk dari seluruh dunia dengan dukungan kuat dari badan-badan perdagangan internasional dan badan-badan pemerintah seperti Jerman, Italia, Cina, Korea , Taiwan dan diikuti oleh sejumlah peserta pameran yang setia seperti JUKI, BROTHER dan Groz – Beckert yang akan menampilkan generasi terbaru dari jarum jahit dan Fongs yang akan menampilkan mesin pencelupan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi , penghematan energi dan ramah lingkungan.

Menyajikan Perpaduan Antara Bahan Tekstil dengan Teknologi

Selain demonstrasi one stop mesin tekstil dan peralatan, Indo Texprint 2016 yang hadir bersamaan, akan  menyediakan demo screen printing di Balai C2 yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan pakar-pakar sablon. Para pelaku industri juga dapat bisa mengakses teknologi terbaru , informasi dan pengembangan tren pasar tekstil dan pakaian.

Selain itu, Asosiasi Pertekstilan Indonesia(API) akan menyelenggarakan seminar dengan tema "Sustaining Tekstil dan Garmen di Indonesia" di mana para pembicara profesional akan menyoroti konservasi energi potensial dan pembangunan industri yang berkelanjutan . Pada hari ke-2 , Anfa ( Asia Non -woven Fabric Association ) akan memunculkan prospek pengembangan industri tekstil teknis di Indonesia saat WTIN ( Information Tekstil Dunia Network) yang akan membuat platform konferensi baru untuk teknologi digital printing .

Indo Intertex 2016 yang mengusung tema “Moving Forward for ASEAN’s Bright Market” ini akan dibuka secara resmi oleh Menteri Perindustrian, Bapak Saleh Husin. (BW)

Read More »