Jangan Pernah Takut Akan Keterbatasan

Event 23 Mei 2015 Loading..
Event

Rasa ketidakpuasan yang menyelimuti kita, seringkali mampu melahirkan keberanian dan kreativitas serta sesuatu yang luar biasa. Hal ini dibuktikan oleh Ompei atau Pharleic Maviec M dan Christian Kesu dalam prosesi penggiat sablon.

Ompei merasa tidak puas dengan kualitas kaos yang beredar di pasaran, kemudian ia berhasil membuat workshop plastisol pertama di Indonesia untuk mengejar kualitas ekspor. Ompei mencoba menerobos usaha yang disesuaikan dengan kepemilikan modal dan kebutuhan.

Memang menggunakan peralatan berteknologi canggih dan terbaru mungkin merupakan hal cukup baik tetapi apakah peralatan tersebut sesuai dengan kebutuhan usaha kita. Jika memang sebuah usaha bisa dijalankan dengan menggunakan peralatan sederhana. Dengan peralatan sederhana memungkinkan juga usaha sebuah bisnis berjalan dengan baik.

Jika usaha terlah berkembang dan menuntut menggunakan peralatan yang harus sesuai maka tidak ada salahnya kita menggunakannya. Sebenarnya hal terpenting yang harus dilakukan adalah lakukan secara baik dan benar, catat segala sesuatu hal yang terkait bisnis mulai dari desain, pra produksi dan produksi.

Ketidakpuasan yang melahirkan sebuah terobosan baru juga dialami oleh Christian Kesu. Ia berprofesi sebagai desainer di sebuah perusahaan selama bertahun-tahun. Ketidakpuasan terus menghantuinya, karya-karyanya tampil beda begitu diaplikasikan.

Keingintahuan Christian Kesu terhadap ketidaksesuaian desain, telah mengantarkannya sebagai seorang penyederhana pewarnaan di industry sablon manual. Gambar yang memiliki beragam warna diaplikasikan dengan aplikasi Photoshop.

Software ini ternyata mampu meminalkan penggunaan warna, Christian Kesu mampu membuat seorang operator sablon hanya menggunakan 4 warna yakni Merah, Kuning, Biru dan putih untuk mengerjakan  desain dengan warna cukup beragam. Christian Kesu berhasil menemukan solusi di Photoshop. 

Ompei dan Christian Kesu berbagi pengalaman untuk pengunjung pameran dan seminar IAPE 2015, Surabaya, Jawa Timur. Mereka berharap dan berpesan, untuk maju kita harus terus belajar dan mencari berbagai informasi baik dari buku, seminar, diskusi, dan pameran.