Graphic & Design»

JBatik, Berkreasi Desain Tekstil Tanpa Batas

JBatik, Berkreasi Desain Tekstil Tanpa Batas

Graphic & Design 14 April 2016 Loading..

Saat ini, Piksel Indonesia sudah berkembang menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang desain dan teknologi. Dalam bidang desain, Batik Fractal berkembang menjadi merek produk busana Ready To Wear. Batik Fractal juga menjadi merek segala macam produk yang dihasilkan oleh Piksel Indonesia dengan menggunakan piranti lunak kami, jBatik. Dalam bidang teknologi, Piksel Indonesia mengembangkan jBatik sebagai piranti lunak untuk membuat beragam desain motif.

TENTANG BATIK FRACTAL
Batik Fractal adalah sebuah brand yang memproduksi kain batik dan produk busana mempergunakan kain batik tersebut. Batik Fractal mempergunakan jBatik untuk memproduksi semua motifnya, dan mengaplikasikannya dengan cara tradisional seperti canting dan cap batik ataupun dengan teknologi digital printing. Kain batik tersebut kemudian diolah menjadi koleksi Ready to Wear, aksesoris dan produk lainnya. Batik Fractal juga membuat beragam media lain untuk mengaplikasikan desain yang dibuat dengan jBatik.

TENTANG JBATIK
jBatik adalah piranti lunak yang dihasilkan oleh Piksel Indonesia. Piranti lunak ini
mengkhususkan diri dalam bidang desain, khususnya dalam bidang desain motif. Pada awalnya, jBatik ditujukan untuk pengembangan batik karena kaitannya dengan pengulangan motif-motif yang terdapat di dalam batik. Namun pada perkembangannya, jBatik juga dapat dipergunakan untuk membuat desain lainnya yang tidak melulu batik. jBatik saat ini juga dipergunakan untuk membuat karya seni seperti pattern design untuk tekstil, senilukis, desain untuk interior, bahkan untuk karya arsitektur.

jBatik bergerak dalam bidang generative design. Desain pada jBatik "dibangkitkan” dengan algoritma yang terdapat di jBatik. Pengguna menggunakan seperangkat perintah sederhana untuk membuat desaindesain
dalam jBatik. Pengguna kemudian dapat menghasilkan puluhan desain baru dengan mengganti parameter-parameter yang terdapat di jBatik.

Pengguna juga dapat membuat desain baru dengan mencampurkan parameter desainnya dengan desain yang lain. Paradigma inilah yang membedakan jBatik dengan piranti lunak lainnya, bila piranti lunak lainnya tidak memiliki seperangkat parameter untuk membuat beragam varian desain, maka jBatik memiliki kemampuan tersebut. Walau termasuk piranti lunak dengan pendekatan baru, jBatik juga dirancang untuk memiliki user interface yang memampukan pengguna mendesain dengan mudah. M. Lukman

Read More »
Desain Mudah Dengan Wacom Cintiq Companion

Desain Mudah Dengan Wacom Cintiq Companion

Graphic & Design 02 Juli 2015 Loading..

Penulis: Bambang Wisanggeni

Perkembangan teknologi membawa beragam kemudahan pada segala aktivitas yang dilakukan. Tidak terkecuali pada mereka yang berprofesi sebagai graphic desainer. Hadirnya perangkat-perangkat baru yang canggih memudahkan mereka dalam membuat desain atau gambar.

Salah satu perangkat yang sanggup memanjakan para graphic designer adalah perangkat yang diproduksi oleh Wacom Co., Ltd, satu perusahaan peralatan elektronik yang berdiri pada 12 Juli 1983 dan berpusat di Saitama, Jepang.

Telah banyak perangkat yang diciptakan oleh Wacom diantaranya Bamboo, Intuos dan Cintiq. Dan di tahun 2015 ini Wacom kembali menghadirkan produk andalannya dari lini series Cintiq dengan nama Cintiq Companion. Seperti produk Cintiq lainnya, perangkat terbaru Wacom ini merupakan produk Pen Display yang akan menghadirkan pengalaman menggambar pen on screen dengan detil dan akurasi yang indah.

Desain

Wacom Cintiq Companion hadir dengan desain yang ergonomis. Bentuknya kotak dengan sudut yang tidak lancip. Desainnya terbuat dari bahan polycarbonate yang diberi sentuhan akhir warna hitam doff, sementara bagian belakangnya diberi aksen warna silver. Perangkat ini juga dilengkapi dengan 3 ukuran penyangga layar(stand) masing-masing 22, 35 dan 50 derajat. Anda dapat memilih stand mana yang menurut anda nyaman dalam menggambar. Berat perangkat berkisar 1.8kg dengan dimensi 375 x 248 x 19mm.

Layar

Cintiq Companion memiliki layar sentuh berukuran 13.3inci dengan resolusi FullHD, 1920 x 1080piksel. Layarnya sendiri menggunakan teknologi TFT LCD IPS yang diperkuat dengan teknologi Tempered Glass. Layar perangkat ini juga telah mengadopsi teknologi Multi Touch Gestures sehingga and dapat dengan mudah mengatur zoom in, zoom out maupun merotasi desain anda.

Performa

Perangkat terbaru Wacom ini berjalan di sistem operasi Windows 8.1. Untuk performa yang handal, Wacom membekali Companion dengan prosesor Intel generasi ketiga, Intel Core i7-3517U dengan kecepatan 1.9GHz. Untuk menunjang kecepatan prosesor, disematkan RAM DDR3 dengan kapasitas sebesar 8GB, sedangkan harddisk storagenya memiliki kapasitas 256GB. Untuk kartu grafisnya, Wacom mempercayakan kepada Intel HD Graphics 4000.

Wacom Pro Pen

Sebagai satu perangkat yang ditujukan bagi para graphic designer ataupun mereka yang gemar menggambar, Wacom melengkapi perangkat ini dengan pena yang telah didesain dan mengalami peningkatan dari seri-seri sebelumnya. Wacom Pro Pen ini memiliki tingkat tekanan hingga 2048 level membuat anda dapat menggambar layaknya diatas kertas. Pena ini juga didesain dengan baik sehingga memberikan kenyamanan saat digenggam dan saat menggambar. Wacom Pro Pen ini memiliki resolusi  hingga 5080 lines per inch(lpi).

 

Wacom Cintiq Companion ini telah dilengkapi dengan beragam software desain yang cukup familiar seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, InDesign dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencontoh gambar lain dengan cara tracing, bahkan perangkat ini mampu menangkap gambar yang di trace dengan ketebalan mencapai 1cm.

Spesifikasi:

Dimensi                : 375 x 248 x 19mm

Berat                     : 1.8kg

Stand                    : 3 (22, 35, 50 derajat)

Layar                     : IPS LCD Multi Touch Screen 13.3inci, FullHD, 1920 x 1080piksel, Tempered Glass, 16.7 million colours

Prosesor              : Intel Core i7-3517U, 1.9GHz

RAM                      : 8GB DDR3

Graphics              : Intel HD Graphics 4000

HardDisk             : 256GB

Pro Pen                : 2048 pressure levels, 5080 lines per inch, extra 9 nibs

Read More »
WPAP,  Pop Art Karya Anak Bangsa

WPAP, Pop Art Karya Anak Bangsa

Graphic & Design 22 Mei 2015 Loading..

Wedha Pop Art Potrait (WPAP) karya Wedha Abdul Rasyid ingin memberikan inspirasi untuk seni rupa Indonesia. Seni ini ingin tampil berbeda, memiliki impresi yang kuat dan atraktif. Saat ini, WPAP sedang digandrungi anak muda di Indonesia dan dunia.

Cukup panjang perjalanan WPAP untuk diapresiasikan sebagai karya seni anak bangsa Indonesia. Seni ini sebenarnya dimulai sejak tahun 1990-an. Namun karena berbagai hal, seni sempat terkubur belasan tahun.

Baru pada tahun 2008, WPAP bangkit dengan dukungan berbagai pihak seperti Prof.Dr. Soedarso SP. Dan, untuk menyemarakkan seni WPAP, Wedha menggelar pameran tunggal karya seni WPAP. Pameran itu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

Wedha ingin memberikan suatu karya untuk Indonesia, Ia tergerak bukan hanya sebagai pengikut karya seni sebelumnya. “Indonesia kaya akan karya seni, saya merasa malu dengan para leluhur bangsa Indonesia yang telah melahirkan banyak karya. Saya ingin melahirkan sebuah seni yang bisa dikatakan baru” kata Wedha dalam seminar di IAPE 2015, Surabaya. Jawa Timur.

Hasilnya sangat membanggakan, WPAP telah diakui oleh dunia sebagai karya seni rupa dari Indonesia. Negara seperti Perancis dan Canada ingin belajar mengenai WPAP, bahkan sudah terbentuk komunitas WPAP.

Di Indonesia, WPAP sudah tercatat dalam rekor MURI oleh SMK IPIEMS Surabaya untuk gelar WPAP terbanyak.

Saat ini WPAP bisa diaplikasikan ke berbagai hal, termasuk di kaos atau produk tekstil. Kemajuan teknologi digital printing sangat mempermudah menampilkan warna-warna dalam WPAP. Hal ini dibuktikan oleh mesin Digital to Garment Anajet. Hanya dalam waktu satu jam saja, mulai dari  membuat desain hingga jadi atau ter-print di kaos, sebuah karya seni WPAP menghiasi kaos polos Gildan.

Semoga WPAP terus berkembang sebagai karya seni rupa anak Indonesia dan bisa menginspirasi banyak hal di industri apparel.

Read More »
Adi Nugroho, Pentingnya Sertifikasi Adobe Bagi Desainer

Adi Nugroho, Pentingnya Sertifikasi Adobe Bagi Desainer

Graphic & Design 21 Mei 2015 Loading..

Dalam seminar pada ajang pameran IAPE 2015 di Surabaya, Adi menyampaikan pentingnya memiliki sertifikasi Adobe bagi para desainer. Seorang desainer professional akan semakin lengkap jika memiliki sertifikasi internasional dari Adobe.

Adobe, perusahaan yang mengeluarkan berbagai software untuk keperluan para desainer, konsisten memfasilitasi keahlian para professional. Desainer pengguna perangkat lunak keluaran adobe diberikan pengetahuan dan pendidikan tata cara mendesain yang berstandart internasional.

Dengan memahami secara baik dan benar serta memiliki kemampuan yang ditunjukkan oleh sertifikasi maka anda akan memperoleh banyak sekali keuntungan baik di Indonesia maupun di mancanegara. Sertifikat Anda diakui dan mempermudah menerima pekerjaan dari mana pun tanpa melamar.

Untuk memperoleh sertifikat, anda harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan benar, serta menggunakan software Adobe paling tidak selama satu atau dua tahun. Saat mengikuti pengujian, anda melakukan secara online selama 50 menit dengan disuguhkan sebanyak 40 pertanyaan.

Setelah memperoleh sertifikat, anda harus terus meng-update dan meningkatkan kemampuan akan software Adobe. Indonesia masih langka dengan desainer bersertifikat Adobe.

Jika Anda ingin menjadi seorang desainer professional dan handal serta diperlukan oleh dunia, maka sebaiknya harus terus belajar dan menggali kemampuan dan keahlian serta memiliki sertifikat.

Read More »
Draw with Wacom Tablet

Draw with Wacom Tablet

Graphic & Design 28 Januari 2015 Loading..

Penulis: Benny Setiawan Rahardjo

Graphic Designer saat ini sangat dimanjakan dengan teknologi, beberapa saat yang silam kita dimudahkan dengan kemunculan mouse, sehingga proses memilih materi yang ada pada layar monitor lebih dimudahkan, dengan teknologi saat ini Mouse sudah mulai ditinggalkan, khususnya bagi para Graphic Design, mouse sudah digantikan oleh teknologi tablet yang disebut dengan Wacom Tablet. Graphic designer lebih dimudahkan karena Wacom tablet berbentuk pena sehingga proses mengambar menjadi lebihnya aman dan leluasa.
Wacom tablet memiliki banyak model, tentukan model tablet Wacom yang akan Anda beli. Setiap tablet memiliki pro dan kontra mereka sendiri, setiap Wacom juga dibuat untuk kegiatan yang berbeda. Tergantung pada apa yang akan Anda gunakan, misalnya menggambar atau mengedit foto. Beberapa model Wacom antara lain :
-Wacom Bamboo Series
-Wacom Intuos Series
-Wacom Cintiq Series

Wacom Bamboo
Wacom bamboo adalah tablet keluaran Wacom yang paling murah, dibuat untuk rumahan atau perkantoran, setiap input akan ditampilkan pada layar monitor bukan pada tablet.

Wacom Intuos
Wacom Intuos dibuat untuk profesional, jika Anda memiliki anggaran yang ketat tetapi Anda ingin kualitas Wacom yang baik, maka model Intuos adalah pilihan yang bijak. Wacom Intuos 4 memiliki 2048 tingkat tekanan, sedangkan Wacom Intuos 2 dan 3 memiliki 1024 tingkat tekanan yang sempurna dan lebih dari cukup untuk digunakan untuk T-Shirts design.

Wacom Cintiq
Jika Anda adalah profesional dan Anda ingin meningkatkan produktivitas Anda, maka Anda perlu Wacom Cintiq series. Ini bukan tablet biasa, karena Anda dapat langsung mengambar dan mendapat gambar langsung pada layar Wacom.

Read More »