Artwork Posisi

Graphic & Design 12 November 2014 Loading..
Graphic & Design

Program Vektor dengan sangat mudah bisa mengubah warna dan ukuran tanpa sedikit pun mengalami penurunan kualitas gambar. Kebanyakan tinta special effect pada screen printing juga menggunakan file Vector. Pada artikel berikut ini kita akan menampilkan satu gambar Vector yang diubah sedemikian rupa sehingga menjadi artwork yang berbeda.

Posisi Konvensional/Front Center

Posisi pada dada depan seperti yang terlihat pada gambar di samping ini adalah posisi konvensional yang paling sering digunakan. Ini mudah dicetak dan tidak memerlukan teknik tambahan pada proses cetaknya. Desainer yang belum berpengalaman akan mencari cara aman dengan meletakkan gambar di depan dada seperti ini. Tapi saat ini banyak pelanggan yang bosan dengan posisi konvensional seperti ini dan ingin bereksperiment dengan posisi lainnya.

Posisi Terbalik/Rotate

Di sini dapat kita lihat bahwa tanpa memberikan perubahan pada artwork, kita bisa memperoleh desain yang berkesan sangat berbeda dibanding posisi konvensional. Anak muda pada umumnya menginginkan posisi gambar yang berkesan unik dan lain daripada yang lain.

Posisi Melingkar/Wrap Around

Posisi melingkar atau wrap around juga merupakan salah satu posisi yang unik. Sebagai informasi, saat mencetak dengan posisi ini, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor seperti posisi kain untuk jahitan. Sebab, kita tidak menginginkan posisi naik turun atau tidak terjadi pertemuan yang benar pada saat kain dijahit. Beberapa printer mencetak setelah badan depan dan badan belakang dijahit menjadi satu. Beberapa desainer juga menginginkan hal seperti itu.

Posisi Full Front

Beberapa tahun belakangan ini, posisi full front banyak diminati. Artinya, ini banyak diproduksi oleh produsen ternama. Brand ternama seperti Affliction Clothing dan Ed Hardy banyak menggunakan posisi ini. Posisi full front seperti ini memang banyak disukai karena terkesan sangat unik.Teknik pengerjaan desain dengan posisi ini adalah salah satu teknik tersulit di dalam screen printing. Pada umumnya artwork akan dicetak di atas t-shirts yang sudah dijahit.

Posisi Back Placement

Beberapa saat yang lalu, posisi print kecil pada punggung cukup digemari. Ini dianggap memiliki tampilan sederhana. Sebagai layaknya mode, desain seperti ini cepat berubah. Tetapi kemungkinan besar pada suatu saat nanti, posisi ini juga akan kembali digemari lagi. Kita tahu bahwa mode selalu berputar.

Modifikasi Warna

Beberapa perusahaan garmen khususnya di Indonesia banyak yang menggunakan satu gambar untuk beberapa warna kain. Istilah yang dipakai adalah kombo. Artinya, satu gambar untuk warna merah, kuning, biru, hijau, hitam, dan putih secara bersamaan. Sebenarnya hal ini kurang tepat karena seringkali desain hanya cocok digunakan pada warna-warna tertentu. Sebagai contoh jika Anda akan mencetak dengan warna simulated grayscale, warna dasar kain yang paling baik adalah hitam. Warna-warna lain kurang cocok. Tetapi hal tersebut bisa “dikalahkan” oleh selera produsen masing-masing.