Desain Mudah Dengan Wacom Cintiq Companion

Graphic & Design 02 Juli 2015 Loading..
Graphic & Design

Penulis: Bambang Wisanggeni

Perkembangan teknologi membawa beragam kemudahan pada segala aktivitas yang dilakukan. Tidak terkecuali pada mereka yang berprofesi sebagai graphic desainer. Hadirnya perangkat-perangkat baru yang canggih memudahkan mereka dalam membuat desain atau gambar.

Salah satu perangkat yang sanggup memanjakan para graphic designer adalah perangkat yang diproduksi oleh Wacom Co., Ltd, satu perusahaan peralatan elektronik yang berdiri pada 12 Juli 1983 dan berpusat di Saitama, Jepang.

Telah banyak perangkat yang diciptakan oleh Wacom diantaranya Bamboo, Intuos dan Cintiq. Dan di tahun 2015 ini Wacom kembali menghadirkan produk andalannya dari lini series Cintiq dengan nama Cintiq Companion. Seperti produk Cintiq lainnya, perangkat terbaru Wacom ini merupakan produk Pen Display yang akan menghadirkan pengalaman menggambar pen on screen dengan detil dan akurasi yang indah.

Desain

Wacom Cintiq Companion hadir dengan desain yang ergonomis. Bentuknya kotak dengan sudut yang tidak lancip. Desainnya terbuat dari bahan polycarbonate yang diberi sentuhan akhir warna hitam doff, sementara bagian belakangnya diberi aksen warna silver. Perangkat ini juga dilengkapi dengan 3 ukuran penyangga layar(stand) masing-masing 22, 35 dan 50 derajat. Anda dapat memilih stand mana yang menurut anda nyaman dalam menggambar. Berat perangkat berkisar 1.8kg dengan dimensi 375 x 248 x 19mm.

Layar

Cintiq Companion memiliki layar sentuh berukuran 13.3inci dengan resolusi FullHD, 1920 x 1080piksel. Layarnya sendiri menggunakan teknologi TFT LCD IPS yang diperkuat dengan teknologi Tempered Glass. Layar perangkat ini juga telah mengadopsi teknologi Multi Touch Gestures sehingga and dapat dengan mudah mengatur zoom in, zoom out maupun merotasi desain anda.

Performa

Perangkat terbaru Wacom ini berjalan di sistem operasi Windows 8.1. Untuk performa yang handal, Wacom membekali Companion dengan prosesor Intel generasi ketiga, Intel Core i7-3517U dengan kecepatan 1.9GHz. Untuk menunjang kecepatan prosesor, disematkan RAM DDR3 dengan kapasitas sebesar 8GB, sedangkan harddisk storagenya memiliki kapasitas 256GB. Untuk kartu grafisnya, Wacom mempercayakan kepada Intel HD Graphics 4000.

Wacom Pro Pen

Sebagai satu perangkat yang ditujukan bagi para graphic designer ataupun mereka yang gemar menggambar, Wacom melengkapi perangkat ini dengan pena yang telah didesain dan mengalami peningkatan dari seri-seri sebelumnya. Wacom Pro Pen ini memiliki tingkat tekanan hingga 2048 level membuat anda dapat menggambar layaknya diatas kertas. Pena ini juga didesain dengan baik sehingga memberikan kenyamanan saat digenggam dan saat menggambar. Wacom Pro Pen ini memiliki resolusi  hingga 5080 lines per inch(lpi).

 

Wacom Cintiq Companion ini telah dilengkapi dengan beragam software desain yang cukup familiar seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, InDesign dan lain sebagainya. Anda juga dapat mencontoh gambar lain dengan cara tracing, bahkan perangkat ini mampu menangkap gambar yang di trace dengan ketebalan mencapai 1cm.

Spesifikasi:

Dimensi                : 375 x 248 x 19mm

Berat                     : 1.8kg

Stand                    : 3 (22, 35, 50 derajat)

Layar                     : IPS LCD Multi Touch Screen 13.3inci, FullHD, 1920 x 1080piksel, Tempered Glass, 16.7 million colours

Prosesor              : Intel Core i7-3517U, 1.9GHz

RAM                      : 8GB DDR3

Graphics              : Intel HD Graphics 4000

HardDisk             : 256GB

Pro Pen                : 2048 pressure levels, 5080 lines per inch, extra 9 nibs