JBatik, Berkreasi Desain Tekstil Tanpa Batas

Graphic & Design 14 April 2016 Loading..
Graphic & Design

Saat ini, Piksel Indonesia sudah berkembang menjadi perusahaan yang bergerak dalam bidang desain dan teknologi. Dalam bidang desain, Batik Fractal berkembang menjadi merek produk busana Ready To Wear. Batik Fractal juga menjadi merek segala macam produk yang dihasilkan oleh Piksel Indonesia dengan menggunakan piranti lunak kami, jBatik. Dalam bidang teknologi, Piksel Indonesia mengembangkan jBatik sebagai piranti lunak untuk membuat beragam desain motif.

TENTANG BATIK FRACTAL
Batik Fractal adalah sebuah brand yang memproduksi kain batik dan produk busana mempergunakan kain batik tersebut. Batik Fractal mempergunakan jBatik untuk memproduksi semua motifnya, dan mengaplikasikannya dengan cara tradisional seperti canting dan cap batik ataupun dengan teknologi digital printing. Kain batik tersebut kemudian diolah menjadi koleksi Ready to Wear, aksesoris dan produk lainnya. Batik Fractal juga membuat beragam media lain untuk mengaplikasikan desain yang dibuat dengan jBatik.

TENTANG JBATIK
jBatik adalah piranti lunak yang dihasilkan oleh Piksel Indonesia. Piranti lunak ini
mengkhususkan diri dalam bidang desain, khususnya dalam bidang desain motif. Pada awalnya, jBatik ditujukan untuk pengembangan batik karena kaitannya dengan pengulangan motif-motif yang terdapat di dalam batik. Namun pada perkembangannya, jBatik juga dapat dipergunakan untuk membuat desain lainnya yang tidak melulu batik. jBatik saat ini juga dipergunakan untuk membuat karya seni seperti pattern design untuk tekstil, senilukis, desain untuk interior, bahkan untuk karya arsitektur.

jBatik bergerak dalam bidang generative design. Desain pada jBatik "dibangkitkan” dengan algoritma yang terdapat di jBatik. Pengguna menggunakan seperangkat perintah sederhana untuk membuat desaindesain
dalam jBatik. Pengguna kemudian dapat menghasilkan puluhan desain baru dengan mengganti parameter-parameter yang terdapat di jBatik.

Pengguna juga dapat membuat desain baru dengan mencampurkan parameter desainnya dengan desain yang lain. Paradigma inilah yang membedakan jBatik dengan piranti lunak lainnya, bila piranti lunak lainnya tidak memiliki seperangkat parameter untuk membuat beragam varian desain, maka jBatik memiliki kemampuan tersebut. Walau termasuk piranti lunak dengan pendekatan baru, jBatik juga dirancang untuk memiliki user interface yang memampukan pengguna mendesain dengan mudah. M. Lukman