Step by Step Tees Design

Graphic & Design 27 Oktober 2011 Loading..
Graphic & Design

Oleh Yohanes Hasudungan

STEP 1

Ada banyak cara untuk menghasilkan sebuah desain. Biasanya ini dimulai dengan browsing di internet, melihat lihat karya dari artis favorit untuk mencari ide atau inspirasi bahkan referensi. Atau membuka kembali sketchbook yang berisikan kumpulan ide mentah dan belajar menggambar.

STEP 2

Setelah mendapatkan ide atau gambaran yang diinginkan, pertama-tama membuat sketsa. Ingat, hasil akhir belum tentu hasil akhir sama persis dengan yang sudah disketsa. Tapi membuat sketsa sangat diperlukan. Oh ya, lakukan apa saja yang bisa membuat mood bangkit. Mood adalah salah satu bagian terpenting dalam mengerjakan desain karena bisa sangat mempengaruhi karya kita.

STEP 3

Setelah jadi, sketsa perlu di-scan lalu dimasukkan ke Photoshop. Di Photoshop biasanya sketsa disesuaikan lagi. Misalnya menjadikannya warna biru muda sehingga memudahkan proses inking. Apabila tidak diubah, seringkali muncul kesulitan saat melihat line art di atas sketch yang masih berwarna abu-abu. Pengubahan bisa menggunakan hue/saturation.

STEP 4

Setelah itu, barulah dimulai proses inking. Gunakanlah brush standar dengan setting hardnes brush 100%. Banyak orang mengerjakannya dengan menggunakan graphic pen.

STEP 5

Pada proses inking, usahakan membuat kedalaman dimensi dari inking. Anda bisa menghemat warna dengan memberikan effect shadow.

STEP 6

Setelah selesai dengan proses inking, barulah dimulai proses mewarnai. Disini kita menambahkan warna yang lebih terang dengan tujuan desain terlihat memliki dimensi dan tidak terlalu flat.

STEP 7

Di sini kita menambahkan beberapa layer untuk warna, sehingga desain bisa lebih hidup. Beri nama layer sesuai warnanya agar memudahkan Anda dalam mengeditnya nanti apabila diperlukan. Usahakan layer-layer Anda tersusun rapi. Ini sangat membantu proses secara keseluruhan.

STEP 8

Di sini Anda bisa menambahkan beberapa efek seperti texture atau brush dengan pengatran custom agar tampak lebih penuh. Bisa juga dengan splater sebagai background untuk desain. Atau dengan mengubah warna. Itu semua disesuaikan dengan kebutuhan.

STEP 9

Setelah semua siap, disiapkan mockup. Biasanya desain mockup berukuran 800X400 pixel 72 DPI. Mockup digunakan sebagai gambaran atau preview desain yang sudah dicetak di atas media tees. Buatlah semenarik mungkin agar klien terkesan.