Drop Shipping Business

Inspiring Your Business 29 Oktober 2011 Loading..
Inspiring Your Business

penulis: Benny Rahardjo
foto-foto: Dok. PRINTEX

Saat ini mungkin banyak yang sudah mendengar ataupun mengetahui drop shipping business, bahkan tidak sedikit yang sudah menjalankannya.

Apa itu DropShipping Business ?

Drop shipping business pada prinsipnya adalah bisnis secara online, tanpa toko, tanpa stock atau persediaan, dan buka selama 24 jam, di dalam satu tahun penuh.

Semua orang dapat membuka bisnis ini, bahkan pada saat ini banyak perusahaan online yang beralih ke drop shipping business. Kelebihan dari usaha ini adalah meminimalkan biaya persediaan dan biaya pengiriman barang secara langsung.

Metode drop shipping ini pada dasarnya adalah penjual menerima pembayaran untuk pesanan, dan pelanggan menerima produk langsung dari produsen. Dalam hal ini penjual adalah perantara antara pelanggan dan produsen. Laba yang di terima oleh penjual adalah selisih harga antara harga eceran dikurangi harga grosir dari barang-barang yang dijual.

Untuk dapat memulai drop shipping business, kita harus memiliki online store atau toko online terlebih dahulu. Online store di sini berupa website yang akan menampilkan barang - barang yang dijual beserta harga dan metode pengirimannya. Dengan sistem online ini, kita dapat menjual suatu produk yang disimpan di negara lain. Sebagai contoh kita dapat menjual produk dari Amerika kepada pembeli di Eropa. Atau, kita dapat menjual produk dari China kepada pembeli atau customer yang berada di Italia, meskipun kita berada di Indonesia.

Kelebihan dari bisnis ini di banding dengan bisnis konvensional adalah kita tidak perlu memiliki stok dalam jumlah besar yang memerlukan gudang penyimpanan, dan karyawan untuk menangani keluar masuknya barang. Kalaupun memiliki tempat untuk memajang barang-barang tersebut, kita dapat menata sedemikian rupa hanya untuk memajang contoh produk saja pada rak yang menarik.

Barang-barang atau produk apa saja yang dapat dijual melalui sistem drop shipping ini? Hampir semua barang dapat dijual melalui metode drop shipping ini seperti produk - produk kosmetika, T-Shirts, furniture, barang kerajinan, bahkan produk-produk mesin sekalipun. Saat ini banyak perusahaan ataupun produsen mulai melirik dan merangkul pebisnis drop shipping karena pada dasarnya pelaku drop shipping adalah sales tambahan bagi perusahaan tersebut.

Dalam pengiriman barang, pelaku drop shipping dapat berkerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman barang seperti UPS, FedEx, DHL, ataupun Jasa pengiriman lokal seperti PT Pos Indonesia, TIKI, dan lainnya.

Keuntungan Drop Shipping

  • Perusahaan drop shipping dapat membeli dalam volume besar. Mereka juga mampu menawarkan harga terbaik pada produk dan pengiriman. Biasanya grosir akan mengembalikan keuntungan yang lebih besar kepada Anda.
  • Tidak ada investasi modal dan tidak ada risiko dimana tiba-tiba Anda memiliki tumpukan barang usang atau kadaluwarsa di dalam gudang.
  • Menggunakan model drop shipping memberikan fleksibilitas atau keluwesan yang besar dalam hal jangkauan distribusi produk. Mempromosikan selusin atau seribu produk, biayanya sama saja.
  • Daripada mengkhawatirkan persediaan dan biaya pengiriman, Anda dapat fokus pada mendengarkan pasar dan menemukan produk yang seringkali menjadi bahan perbincangan pengunjung website. Anda tinggal menampilkan jenis produk tersebut dalam ke situs web site.

Tantangan Bisnis Drop Shipping

Apabila sudah menjalankan bisnis ini dan website Anda menjadi terkenal, banyak perusahaan grosir berminat untuk bekerja sama. Anda akan masuk daftar dropshipper mereka karena hal ini merupakan cara yang mudah bagi mereka untuk memperluas pasar. Ada beberapa hal perlu dipertimbangkan sebelum mengikat kerja sama, antara lain :

Harga

Jangan pernah berpikir perusahaan tersebut sudah memberikan harga terbaik. Anda harus selalu aktif untuk melihat harga pesaing seperti halnya bisnis konvensional.

Biaya Pengiriman

Mengetahui biaya pengiriman dengan tepat dan teliti menjadi sangat penting. Sebab, biaya tersebut akan dibebankan kepada customer. Melakukan kesalahan dalam perhitungan biaya pengirimanmaka hal tersebut akan berakibat pada keuntungan atau bahkan merugi. Anda masih mempunyai kewajiban untuk membayar selisih kurang bayar tersebut kepada perusahaan jasa pengiriman.

Perusahaan pengiriman

Pada umumnya customer ingin mengetahui apakah barang pesanan mereka sudah terkirim, atau pada hari ini posisinya ada dimana. Perusahaan pelayaran ataupun jasa pengiriman internasional memiliki metode pengiriman khusus sehingga Anda dan customer dapat melacak keberadaan barang pesanan sampai di mana. Anda tinggal memasukkan nomer airway bill ke dalam sistem mereka, dan Anda pun segera tahu keberadaan barang yang dimaksud.

Cara Pembayaran

Sejak awal Anda perlu mengetahui perusahaan pemasok produk, bagaimana cara pembayaran . Misalnya apakah langsung didebet melalui kartu kredit ataukah pembayaran secara periodik misalnya satu bulan sekali. Pada umumnya bila belum dikenal oleh perusahaan pemasok produk , Anda diharuskan membayar tunai di awal. Jika mampu membangun kredibilitas, maka besar kemungkinan Anda memperoleh kemudahan dalam waktu pembayaran misalnya per bulan. Untuk pembayaran atas produk yang dibeli customer Anda, mendebet dari kartu kredit mereka adalah suatu keharusan, sebelum barang dikrim kepada mereka.

Dukungan dan pengembalian dana

Hal terakhir yang harus anda pertimbangkan pula adalah dukungan dari perusahaan pemasok barang apabila terjadi ketidaksesuaian antara pesanan customer anda dengan barang yang mereka terima. Apakah perusahaan pemasok akan mengembalikan dana anda yang sudah terdebet? Anda harus membicarakannya di awal dan memperoleh pernyataan tertulis saat berkerjasama dengan perusahaan pemasok anda, sama halnya dengan bisnis konvensional.

Dari mana harus memulai usaha Drop Shipping

  • Hal pertama yang harus dilakukan membuka website yang menarik, cukup user friendly atau mudah digunakan. Website harus memiliki shopping cart dan fasilitas untuk memproses tagihan dengan kartu kredit secara langsung.
  • Cari pemasok yang sesuai dengan kegiatan bisnis. Anda harus mampu mengelola beberapa pemasok yang berbeda.
  • Membuka rekening bank atas nama perusahaan Anda.
  • Kumpulkan gambar-gambar ataupun content yang berkaitan dengan produk
    dan masukan kedalam website agar dapat dilihat oleh banyak orang.
  • Kegiatan bisnis ini adalah bisnis kepercayaan (kredibilitas) sehingga saling
    percaya merupakan kata kuncinya. Pemasok dan customer dapat berada dimana saja di pelosok dunia ini.