Membangun Branding Melalui Packaging

Inspiring Your Business 07 September 2015 Loading..
Inspiring Your Business

 

Dijaman serba internet saat ini, hampir semua pekerjaan dapat dikerjakan secara online. Tidak hanya surat menyurat, bahkan berbelanjapun kini dapat dilakukan dengan online. Saat ini banyak sekali orang yang menawarkan barang dagangannya melalui internet, bahkan perusahaan-perusahaan besar mulai melirik e-Commerce sebagai satu lini jualannya.

Bagi anda yang memiliki usaha clothing, anda dapat memanfaatkan layanan internet untuk menjajakan produk clothing anda karena kemajuan teknologi menawarkan kemudahan proses dan fleksibilitas. Tentu saja, dalam berjualan, kualitas produk menjadi hal yang tidak dapat ditawar lagi. Jangan sampai pembeli kecewa ketika menerima baju atau kaos pesanan yang kualitasnya ternyata jauh dari harapan.

Tidak hanya kualitas produk yang harus anda perhatikan. Sebagai penjual, anda juga harus memperhatikan cara packing atau mengemas produk untuk dikirim kepada konsumen. Tampilan kemasan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen saat produk sampai ditangannya. Dan ini cukup mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen. Karena cantiknya satu kemasan produk merupakan bagian dari branding. Branding yang kreativ pasti akan menjadi media marketing yang baik.

Apabila kemasan produk anda menarik dan konsumen senang saat menerimanya, maka citra bisnis anda mulai terbangun, konsumen akan berfikir untuk melakukan repeat order. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan  untuk membangun brand anda dengan kemasan produk.

Ciri Khas

Buat ciri khas yang mencerminkan toko online dan kemasan produk anda. Bisa karena bentuk kemasannya, warna, atau logo.

Kemasan Yang Menarik

Terkadang, para penjual online memanfaatkan barang bekas untuk mengirim barang dagangannya dengan alasan penghematan. Misalnya kardus bekas. Sebaiknya anda hindari hal ini, karena ini juga menjadi penilaian atas keseluruhan produk anda. Mungkin anda dapat menggantinya dengan kertas daur ulang yang kemudian anda stempel dengan logo toko online anda.

Keamanan Produk

Setelah memperhatikan tampilan kemasan, penting juga untuk memperhatikan keamanan produk yang anda kirimkan. Untuk produk clothing seperti baju atau kaos, sebelum dan/atau sesudah dibungkus, ada baiknya bila dikemas lagi menggunakan plastic. Ini menjaga agar apabila bungkus sobek, produk anda tetap terjaga.

Mempercantik Kemasan

Penting bagi penjual online, untuk mengemas pesanan dengan tampilan yang unik, menarik, dan berkesan secara visual. Misalnya anda bisa menambahkan pita pengikat, selotip warna-warni, atau stiker yang menarik. Cara ini dapat menaikkan nilai jual produk di mata konsumen.

Masukkan Kartu Nama

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, anda dapat menyertakan kartu nama kedalam kemasan produk  yang dikirimkan. Mungkin terlihat sepele, tetapi hal ini dapat mempengaruhi brand awareness toko online anda.

Masukkan Katalog dan Detail Produk

Ini termasuk salah satu cara untuk berpromosi. Dengan menyertakan catalog dan detail produk dalam kemasan yang dikirim, maka anda “memaksa” konsumen untuk melihat produk apa lagi yang anda jual. Bukan tidak mungkin, apabila mereka berminat, mereka akan memesan kembali.

Sisipkan Gimmick atau Bonus-bonus Kecil

Anda dapat menjaga kesetiaan konsumen dengan menyisipkan gimmick atau bonus-bonus kecil dalam kemasan produk yang dikirimkan. Bisa berupa gantungan kunci, sticker, ballpoint dan lain-lain. Ini akan membuat konsumen merasa diperhatikan dan diistimewakan.

Berikut ada beberapa contoh kemasan unik dan menarik yang bisa anda jadikan referensi bagi produk anda.