Batik Fractal, Batik Dengan Sentuhan Ilmu Matematika

Other Application 14 April 2016 Loading..
Other Application

Sebenarnya apa sesungguhnya batik fractal itu? Batik Fractal adalah batik yang didesain dengan rumus fractal. Fractal adalah cabang ilmu matematika yang meneliti tentang pengulangan atau literasi dan kesamaan diri atau self similarity.

Batik ini motif desainnya dibuat dengan rumus matematika yang diaplikasikan menggunakan teknologi komputer sehingga menghasilkan desain pola baru yang sangat beragam. Jadi singkatnya, batik fractal merupakan kombinasi dari empat elemen, yaitu seni, budaya, sains, dan teknologi.

Awal mula berdirinya batik fractal ini dimulai dengan riset yang dilakukan oleh Nancy Margried, Yun Hariadi, dan Muhamad Lukman dari Pixel People Project asal ITB Bandung, mengenai motif-motif batik tradisional dan hubungannya dengan ilmu matematika fractal.

Sepanjang tahun 2007 riset ini mengumpulkan lebih dari 300 motif batik tradisional yang ada di seluruh Indonesia dan meneliti unsur-unsur matematika fractal di dalamnya. Dari penelitian tersebut dapat dilihat bahwa batik memiliki unsur matematika dan dapat dimodelkan dengan fractal. Penelitian ini pertama kali ditampilkan di 10th Generative Art International Conference di Milan, Italia pada akhir 2007. Atas karyanya ini, Pixel People Project mampu menyabet penghargaan “Stamp of Approval” dari UNESCO, Award of Excellence, pada tahun 2008.

Dari penelitian yang dilakukan, dipastikan bahwa ada tiga pola fractal yang dapat menjadi motif batik generative secara komputasional, yaitu

  • Fractal sebagai batik

Hasil simulasi komputer dalam bentuk fractal yang memiliki kemiripan dengan desain batik tradisional. Kustomisasi dapat dilakukan atas aturan-aturan iteratifnya, modifikasi pada bentuk pencorakan warna, dan sebagainya.

  • Hibrida fractal batik

Motif dari fractal dapat digunakan sebagai model utama sebagai dasar ornament dan dekorasi untuk desain batik. Modus desain ini adalah menggabungkan pola fraktal secara estetik yang dilahirkan secara komputasional dan apa yang dilahirkan melalui tradisi budaya batik yang telah dikenal luas.

  • Batik inovasi fractal

Bentuk implementasi dari gambar dengan pola tertentu atau acak dengan menggunakan bentuk-bentuk algoritma pengisian dari ornamen batik yang asli sebagai isen atau pola batik yang telah dikenal secara tradisional. Dua motif batik diproses ulang sehingga menghasilkan motif baru dengan memperhatikan pola dan prinsip proses membatik.

Motif batik ini didesain dan diolah menggunakan software computer bernama jBatik. Aplikasi ini mampu menciptakan motif-motif batik modern dengan berbasiskan desain batik tradisional. Pola-pola batik tradisional dipetakan secara matematis kemudian diterjemahkan ke dalam perangkat lunak sehingga menciptakan pola-pola batik baru secara digital. 

Prosesnya, gambar batik akan diolah dan dibuat distribusi frekuensinya. Kemudian dimensinya dihitung dan dibuat fraktalnya.  Dari satu rumus Fractal, software jBatik dapat menghasilkan beragam motif baru dengan mudah hanya dengan mengganti parameternya.