Bersihkan Kaos Dari Noda

Other Application 27 April 2015 Loading..
Other Application

Jika sebuah kaos kesayangan terkena noda, seolah kesambar petir di siang bolong. Kecewa, marah, sedih kumpul menjadi satu. Jangan sampai hal itu terjadi pada Anda, simpan dan rawatlah kaos kesayangan tersebut. Andaikata hal itu terjadi, ada beberapa cara menghilangkannya.

Untuk menghilangkan noda di sebuah kaos ada berbagai anjuran, tetapi sebelumnya Anda harus bisa kenali noda apa yang menimpa kaos Anda. Apakah minyak wangi, lumpur, darah, getah dan minyak. Berikut beberapa cara menghilangkan noda sesuai sumbernya:

Noda Minyak Wangi

Semprotan minyak wangi yang berlebihan akan menimbulkan bekas di kaos Anda. Jika hal itu terjadi, sebaiknya segera dibersihkan  dengan cara antara lain merendam  kaos di air hangat selama 30 menit, merendam kaos dalam air yang diberi cuka beberapa jam, cuci pakaian dengan air hangat kemudian gosok noda dengan gliserin atau  menggunakan cairan amoniak yang tidak pekat dengan cara meneteskan cairan amoniak  di noda, dan Anda kucek-kucek. Semua cara menghilangkan noda minyak wangi diakhiri dengan mencucinya  seperti biasa.

Noda Lumpur

Sebuah kaos terkena noda lumpur mungkin sering terjadi di kaos anak-anak. Jika hal itu terjadi di kaos keluarga Anda maka noda tersebut bisa dibersihkan dengan cara membiarkan lumpur mongering terlebih dahulu. Setelah kering, Anda sikat lumpur yang tertinggal di kaos. Jika belum hilang, Anda bisa menggosoknya dengan air rebusan kentang. Setelah semua itu dilakukan, terakhir Anda bisa mencucinya seperti biasa.

Noda Darah

Untuk membersihakan sebuah kaos yang terkena noda darah, bisa dilakukan dengan menggunakan air garam. Begitu noda menghilang, Anda bilas kaos tersebut dengan air hangat. Kemudian lakukan pencucian seperti biasa. Jika memerlukan proses dry-clean, sebelum dilakukan sebaiknya diolesi sagu yang diberi sedikit air. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut hingga noda memudar. Baru kemudian bisa dibawa ke laundry untuk di-dry-clean.

Noda Getah

Kaos yang terkena getah bisa dibersihkan dengan mengoleskan mentega di noda dan diamkan sesast. Kemudian cuci kaos dengan sabun dan kucek-kucek di daerah yang ternoda. Atau bisa juga menghilangkan noda dengan sagu yang diberi sedikit air. Oleskan larutan sagu ke bagian noda. Setelah kering, bersihkan dengan sikat lembut.

Noda Minyak

Jika kaos Anda terkena noda minyak, segera taburi dengan tepung atau bedak talk dan diamkan selama 10-20 menit, kemudian bersihkan. Jika tidak kunjung hilang, ulangi kembali hingga sampai noda menghilang. Andai masih membandel, gosok noda dengan thinner.

Anda juga bisa melakukannya dengan cara, cuci kaos menggunakan air sabun hangat. Jika kaos berbahan nilon, segera taburkan bedak talk di noda atau ambil kertas minyak untuk muka, letakkan di noda. Kemudian noda disetrika. Setelah itu, taburi dengan bedak talk.

Demikian cara-cara menghilangkan beberapa noda yang melekat di kaos kesayangan.