Memulai Usaha Bordir Untuk Customized Order

Other Application 29 Oktober 2011 Loading..
Other Application

Penulis: Benny Rahardjo
foto-foto: Dok. PRINTEX

Bordir adalah cara kreatif dan dinamis untuk menghasilkan keuntungan. Dengan bordir, sambil menstimulasi bakat kreativitas, Anda dapat menumbuhkan kemampuan bisnis Anda dengan menjangkau berbagai segmen pasar yang saat ini belum banyak tersentuh.

Usaha bordir berskala home industry adalah pilihan bagi orang-orang yang memiliki ambisi untuk memulai usaha sendiri dan banyak yang meminatinya karena tidak memerlukan investasi yang terlalu besar, dapat memakai ruangan yang kecil, tidak memerlukan banyak tenaga kerja atau dapat dikerjakan oleh anggota keluarga, dan menghasilkan kualitas bordir yang halus - sama seperti hasil bordir dari industri besar.

1 head (extra large embroidery area)

Pilihan mesin bordir untuk home industry adalah singlehead atau 1-kepala, 4-kepala, dan 6-kepala. Yang dimaksud dengan head adalah kepala bordir, artinya sebuah mesin bordir dengan 4-kepala dapat membordir dan menghasilkan 4 potong bordir sekaligus dalam suatu waktu dengan desain yang sama. Di samping jumlah kepala, Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah jarum atau warna. Mayoritas mesin bordir otomatis 1-kepala dilengkapi dengan 12-warna atau 15-warna. Mesin bordir otomatis untuk skala home industry pada umumnya dapat membordir di atas berbagai produk, seperti t-shirts yang sudah jadi, topi yang sudah jadi, baju seragam, tas.

Beberapa target market yang dapat anda ambil adalah distro, clothing company (konveksi), perusahaan promosi, sekolah, hotel kecil, sport events, birthday events, perusahaan yang membutuhkan bordir pada seragamnya, yang rata-rata hanya memesan 10 lusin per itemnya, merekalah customer potensial yang harus dilirik. Di samping itu, kuantitas kecil berarti harga bordir secara wajar akan lebih tinggi dibandingkan dengan order besar. Di sinilah letak keunggulan bisnis bordir berskala kecil, harga bordir! Minimum order, high price. Bayangkan ketika sebuah hotel membutuhkan hanya 1 buah bordir topi untuk diberikan kepada pelanggan loyalnya, dengan bordir nama pelanggan
tersebut di atas topi, siapa yang dapat membuatkannya dalam waktu semalam. Atau ketika sebuah restoran meminta anda membordirkan logo pada seragam 25 orang karyawannya. Atau sebuah turnamen golf kecil atau panitia gerak jalan atau sepeda santai yang meminta anda untuk membordir topi bagi 60 orang pesertanya. Atau pesta ulang tahun anak yang membutuhkan bordir tas sebanyak 25 buah untuk teman-teman sekelas anak tersebut. Peluang bisnis seperti ini amat banyak dan selama ini kurang tersentuh.

Mesin Bordir Otomatis Single Head

Dalam pembahasan kali ini, kami memfokuskan pada mesin bordir otomatis 1-kepala. Beberapa merek ternama seperti Tajima dan Barudan, memiliki berbagai tipe dan ukuran bordir yang bervariasi, dengan keunggulan dan kemampuan bordirnya masingmasing. Bukan hanya pemain lama seperti Tajima dan Barudan, tetapi ada beberapa pemain baru yang masuk ke industri ini. Beberapa produsen mesin bordir otomatis single-head di antaranya adalah :

  • Tajima
  • Barudan
  • Melco
  • Ricoma
  • SWF

Kecepatan maksimum mesin antara 1,000~1,200 rpm, artinya dalam satu menit dapat menghasilkan 1,000 stitches atau tusukan jarum. Secara teori semakin cepat semakin banyak bordir yang akan dihasilkan, itu idealnya, namun realitanya belum tentu demikian. Beberapa merek mengklaim dapat mencapai kecepatan yang tinggi sebagai salah satu nilai jualnya, namun yang lebih penting adalah produktivitas mesin itu dan bukan sekedar kecepatan maksimumnya. Bayangkan jika sebuah mesin anda jalankan pada kecepatan 1,200 rpm, namun mengakibatkan putusnya benang bordir berkali-kali yang akhirnya malah membuang waktu produksi.

Mesin bordir otomatis 1-kepala sangat cocok digunakan dalam home industry berskala kecil, termasuk untuk toko souvenir, toko alat-alat olahraga, dan lainnya. Mesin ini tidak terlalu berat, 90 - 150 kg, sehingga dapat dibawa di atas mobil box untuk tujuan yang bersifat mobile, trade show, dan lain-lain. Pengoperasiannya mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus, perawatannya juga sederhana. Karena diklasifikasikan sebagai mesin industri (meskipun home industry), maka kebanyakan mesin kelas ini siap bekerja siang malam 24 jam non-stop.

Bagaimana dengan pemakaian listrik dan kondisi ruang kerja? Mesin bordir otomatis 1-kepala pada umumnya menggunakan listrik 1-phase biasa dengan konsumsi listrik sekitar 200~280 watt. Gunakanlah stabilizer apabila listrik di lokasi anda kurang stabil pada jam-jam tertentu, ini semua demi kepentingan jangka menengah dan panjang. Di samping itu, karena mesin ini memiliki komponen-komponen elektronik, letakkanlah di dalam ruang tertutup yang kering/tidak lembab, dan pada saat beroperasi suhu ruang sebaiknya berada di bawah 28o C. Ruang semi terbuka dapat menarik banyak debu dan angin dari luar yang dapat menyebabkan korosif pada komponennya.

Biaya investasi untuk mesin bordir otomatis 1-kepala top quality berkisar antara 100 juta rupiah hingga 275 juta rupiah; tentu saja harga sangat menentukan kualitas dari mesin itu sendiri. Harga juga dipengaruhi oleh peralatan optional pada mesin tersebut, misalnya apakah ada pemasang payet otomatis (sequin device), apakah ada frame untuk bordir top jadi, apakah punya kemampuan membordir benang tebal, dan lain sebagainya. Beberapa produsen mesin bordir sudah dapat memberikan kualitas standar yang cukup baik dengan harga yang relatif murah.

Mesin Bordir Portable

Beberapa produsen mesin jahit juga menawarkan produk mesin bordir portable yang dapat dibawa-bawa ke manapun anda pergi. Karena bentuknya yang lebih mini, maka mesin ini sering diklasifikasikan untuk keperluan rumah tangga atau home use, dan rata-rata komponen serta motornya tidak sekuat mesin bordir home industry yang dapat dijalankan 24 jam non-stop.


1 head (extra large embroidery area)

Dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mesin bordir home industry, tentu saja mesin bordir portable memiliki beberapa keterbatasan baik pada ukuran bordir, kemampuan dan fleksibilitas membordirnya, mekanik, elektronik dan softwarenya, bahkan hingga kualitas hasil bordirnya, daya tahan mesin dan nilai jualnya kembali.

Mesin bordir portabel ini umumnya dapat membuat teks nama dan juga logo yang sederhana. Apabila Anda sering menerima pesanan bordir nama maka mesin ini dapat menjadi salah satu alternatifnya.