East vs West Screen Printing

Screen Printing 08 September 2016 Loading..
Screen Printing

Industri sablon atau screen printing di Indonesia dikenal ada dua kubu yaitu “West Coast” (modern) dan “East Coast” (tradisional). West Coast lebih mengedepankan peralatan yang canggih dan serba automatis sedangkan East Coast lebih pada penggunaan peralatan tradisional dan skill untuk menghasilkan hasil printing yang baik dan berkualitas.

Untuk mengetahui lebih jauh perbedaan dua kubu di industri sablon, berikut kami uraikan lebih jauh.

West Coast

Kubu West Coast merupakan kubu Modern yang memiliki peralatan paling muktahir di dalam industri screen printing dewasa ini, seperti mesin Carousel printer atau bahkan mesin Oval yang canggih.

Para penganut kubu ini berpikir bahwa sangat perlu menggunakan peralatan-peralatan mutakhir untuk menunjang bisnisnya. Kubu ini sangat concern pada hal-hal tehnik seperti Screen Tension, Screen Mesh, screen frame, squeegee type dan lain sebagainnya.

Untuk target pasar atau market, West Coast memiliki market di industri berskala besar, karena itu mereka perlu mempersiapkan kapasitas produksi yang sesuai dengan harapan atau target. Pada umumnya kubu ini sudah memiliki jaringan yang cukup memadai di dalam industri terkait seperti industri Garmen.

Kelebihan West Coast

Dengan memiliki pengetahuan yang cukup dalam industri screen printing dan juga ditunjang peralatan yang canggih, tentu saja kubu West Coast memiliki kelebihan dalam kapasitas produksi dan juga kualitas yang stabil. Mereka mampu memproduksi pekerjaan dalam jumlah banyak dan memenuhi syarat untuk memperoleh pekerjaan dari brand-brand ternama seperti Nike, Adidas, Puma, Under Armor dan lain sebagainya.

Di samping dapat memenuhi kapasitas besar kubu west coast juga tidak terlalu mengkhawatirkan keluar masuknya tenaga kerja printing yang ahli, karena mereka menggunakan mesin dan hanya membutuhkan operator yang dapat dididik dalam waktu singkat.

Kelemahan.

Sudah barang tentu, untuk digolongkan dalam kubu West Coast diperlukan permodalan yang sangat besar, seperti tempat yang memadai, daya listrik yang besar dan juga modal untuk membeli peralatan yang berharga sangat mahal.

Selain itu, kubu West Coast juga cukup sulit memproduksi pesanan dalam kapasitas kecil, karena kapasitas produksi mesin sangat cepat dan besar sehingga kurang efisien jika digunakan untuk memproduksi dalam jumlah kecil.

Untuk resiko, tentu saja dengan menggunakan modal yang besar resiko yang harus dihadapi juga menjadi lebih besar, jika usaha tidak berjalan dengan semestinya maka resiko kerugian juga menjadi besar pula.

Kubu East Coast

Bagi kubu East Coast, mereka lebih melihat screen printing atau sablon sebagai industri kreatif. Mereka berfikir bisa menggunakan peralatan-peralatan tradisional saja, sehingga kubu ini beranggapan bahwa tanpa menggunakan peralatan yang canggih pun mampu dihasilkan printing yang baik dan berkualitas.

Kubu East Coast, banyak yang membanggakan sinar matahari. Sinar matahari yang mereka gunakan lebih canggih daripada meja expose mana pun di dunia. Mereka juga sangat bangga dengan hasil printingnya karena bisa dikatakan dapat sama atau mendekati dengan hasil cetak mesin canggih sekali pun.

Kelebihan.

Majalah Printex sebelumnya pernah membahas untuk membuka bisnis screen printing secara tradisional tidak memerlukan modal besar, hanya perlu beberapa puluh juta saja kita sudah bisa mulai melakukan bisnis screen printing.

Mereka penganut kubu East coast tidak menggunakan mesin berkapasitas besar, karena itu East coast lebih efisien untuk mengerjakan pekerjaan dalam jumlah atau kapasitas kecil.

Kubu East Coast sangat cocok untuk pemula karena tidak memerlukan permodalan yang besar, maka jika bisnis tidak berjalan dengan semestinya, kerugian yang ditanggung tidaklah besar.

Kelemahan.

Dengan menggunakan peralatan yang boleh dikatakan sederhana maka kapasitas yang dapat dihasilkan tentu saja jauh dibawah screen printing yang telah menggunakan mesin automatis. Jika ingin menambah kapasitas tentu saja memerlukan tenaga kerja yang handal lebih banyak, tetapi untuk mencari tenaga printer yang handal tidaklah mudah. Tenaga handal tentunya memerlukan skill dan pengalaman yang cukup lama.

Beberapa perusahaan besar juga kurang mempercayai kubu East Coast terutama didalam hal kapasitas produksi.

Kesimpulan

Tidak ada yang salah dalam memilih salah satu kubu, karena masing-masing kubu memiliki kelebihan dan kelemahan. Apapun kubu yang Anda pilih, ada beberapa hal yang harus di penuhi oleh kedua belah kubu, antara lain :

Film Positif.

Apa pun kubu yang Anda pilih, akan selalu menggunakan film positif yang baik, jangan menggunakan kertas kalkir, meskipun dapat digunakan dan sangat murah harganya. Kertas kalkir sangat mudah kusut bahkan sebelum digunakan sekalipun sehingga menggangu registrasi gambar.

Screen Frame.

Disarankan untuk menggunakan screen frame aluminium, meskipun harganya jauh lebih mahal dibanding menggunakan frame kayu. Frame aluminium lebih tahan lama atau awet dan dapat digunakan untuk tension yang tinggi.

Exposure.

Memang benar, tidak ada lampu di dunia yang dapat menandingi sinar matahari, tetapi harus diingat bahwa matahari tidak selalu memberikan sinar yang paling terik karena akan dipengaruhi factor cuaca. Cuaca berpengaruh cukup besar dan tanpa dapat diprediksi perubahannya.

Inks.

Secanggih apa pun peralatan yang dimiliki, jika menggunakan tinta dengan kualitas yang jelek, maka akan menghasilkan kualitas cetak yang jelek pula. Oleh sebab itu gunakan selalu tinta dengan kualitas yang baik.

Selamat berkarya. (Benny S. Rahardjo)