KUMPUL SABLON DEMI BERBAGI

Screen Printing 16 Maret 2016 Loading..
Screen Printing

JAWA TIMUR

Di Tulungagung, Jawa Timur acara kumpul sabloner diadakan di Flame Screen Printing Studio pada bulan Desember 2015 lalu. Sabloner yang meramaikan acara ini datang dari berbagai penjuru daerah seperti dari Blitar, Malang,  Pacitan, Kediri.
Kali ini para sabloner berkumpul untuk menuntaskan rasa penasaran teknik pecah warna dan aplikasi sablon pada acara “Mari Berbagi” yang diadakan pada 27 Desember 2015 lalu di gedung Dekranasda, Jalan Ahmad Yani No. 1, Tulungagung, Jawa Timur. Para sabloner berkumpul untuk berbagi ilmu dan ketrampilan dengan membahas seputar pecah warna tinta plastisol dan rubber.
Sekitar 200 peserta sabloners dari seluruh Jawa Timur antusias berpartisipasi pada acara tersebut. Para narasumber mengusung materi praktek pecah warna, spot color, tips & trik (Step by step), plastisol, Discharge dan plast charge.
Materi-materi di atas disampaikan oleh Fathul Huda dari Yogyakarta, Abey dari Jombang, Rizal T dari Flame Screen Printing Studio - Tulungagung, Sunoko dari Tulungagung dan Kristian Nico (PPCP Indoprint - Solo).
Dalam acara ini, peserta yang menikmati seperti Aslan Chumaidi (Ponorogo), Agus Kevin (Trenggalek), Saiful Anam (Kediri), Purnomo (Kediri), Labik (Jombang), Wowon Iswono (Mojokerto), Rombongan Solo (Sri Yatno “Neckonecko”, Rhinojerk Clothingmaker, Rocktopus Inkcorporate, Rubberia Sablon, Kino Separasi), Bruno Sablon Caruban Madiun, Iyono Maduri (Madura), Choir Roziqin (Sidoarjo), Dee Ghozali - Ilustrator (Sidoarjo), Hatred Screen
Printing (Kediri), Masikbal (Kediri), Studio Sembilan Screen Printing (Kediri), Tomi Yudha (Pare), Blitar Omah Sablon, Masterpiece Blitar, Serz Boendrz (Malang), Prasetyo Nopolo (Pacitan) dan lain-lain.

Beberapa peserta mari berbagi pada Desember 2015 lalu, kembali berkumpul untuk mengenal dan membahas lebih dalam tehnik pecah warna di Flame Screen Printing Studio - Tulungagung pada tanggal 19 Januari 2016 dengan pembicara Rizal T dari Flame SPS, Tulungagung dan Fathul Huda dari
Yogjakarta.


JAWA BARAT
Komunitas sabloner atau gesuter di daerah Bekasi dan sekitarnya yang bernama Gesuter Bekasi (GB) juga menggelar aksi kumpul-kumpul. Anggota GB berkumpul di Hercah Petualang Sejagad pada tanggal 31 Januari 2016.
Ajang kumpul yang disebut sebagai Kopi Darat (Kopdar) bukan sekedar ngerumpi dan silaturahmi tetapi sebagai ajang berbagi info dan pengetahuan.
Masih di Jawa Barat khususnya di Bekasi Timur, pada tanggal 20 Februari 2016 dilakukan pelatihan untuk umum pelatihan dasar sablon dan design terutama pengenalan perangkat lunak CorelDraw, Photoshop dan Adobe Premier.
Pelatihan gratis ini yang dilakukan di Dukuh Zamrud Blok P No. 82 Mustika Jaya, Bekasi Timur akan melatih dan menjadi angkatan ketujuh dengan jumlah peserta paling banyak 10 orang. Selain itu juga dilakukan berbagi atau sharing peluang usaha sablon.

SULAWESI SELATAN
Para pengiat sablon nan di Makasar, Sulawesi Selatan juga menggelar workshop sablon Sulawesi 2016 pada tanggal 21 Februari 2016 di Kafe Danau Unhas, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makasar. Kegiatan yang dilakukan selain berbagi ilmu dengan materi perkembangan, prospek dan peluang bisnis sablon di Indonesia serta peran Charlie Sps dalam dunia sablon Indonesia yang
dibawakan oleh Charlie Sps. Materi lain yang juga dibawakan adalah Teknik Pisah Warna yang dibawakan oleh Ijal dari 42SP Screen Printing.
Selain itu, kegiatan workshop sablon Sulawesi menggelar demo sablon dengan trainer Charlie Sps. Dalam demo sablon akan diperagakan trik sablon rubber, discharge, dan plastisol. Kemudian diadakan juga demo trik sablon CMYK dan spot colour: Discharge dan Plastisol. Demo terakhir yang diadakan adalah demo sablon Charlie Sps.
Untuk melayani penggiat sablon, workshop ini juga menggelar bazaar tinta sablon Ant Ink. Kegiatan ini dikelola oleh Adeeva dan Omega (Outlet Sablon Makasar).

Sukses terus sabloners Indonesia.