Menarik Atau Mendorong

Screen Printing 31 Mei 2016 Loading..
Screen Printing

Metode pengoperasian squeegee akan mempengaruhi hasil sablon. Di berbagai tempat seperti open house, pameran dan took, masih jarang terlihat menggunakan squeegee dengan metode mendorong melainkan dengan metode menarik.

Bukannya tiada waktu dan tempat untuk menggunakan metode mendorong , padahal kadang kala lebih efektif mendorong squeegee daripada menariknya ketika harus memindahkan gambar sedikit ke atas, agar penerapannya sejajar tanpa harus memindahkan seluruh layar. Namun hal itu lebih sebagai pengecualian.

Untuk beberapa orang, itu mungkin lebih benar secara ergonomis. Mengapa mesin sablon otomatis menggunakan bilah yang fleksibel? Kenapa tidak mensimulasikan teknik mendorong? Mungkin terlihat aneh ketika melihat orang mendorong bukan menarik.

Ya, memang ada beberapa orang yang kesulitan menarik dan bahkan mereka mendapatkan hasil yang lebih bagus ketika mendorong karena postur tubuh kurang tinggi atau badannya memiliki disabilitas. Setelah dipelajari beberapa tahun, menarik squeegee memperbolehkan bilahnya untuk lebih fleksibel daripada mendorongnya.

Contohnya, ketika menyablon sebuah skateboard. Permukaannya memiliki banyak lekukan terutama di tepian. Namun, ketika squeegee ditarik, hasilnya halus dan bilahnya dapat mengatasi kondisinya. Ketika squeegee didorong bilahnya tidak dapat mengatasi sebaik ditarik dan bahkan meninggalkan goresan.
Namun, ketika menyablon kaos, itu tak akan berpengaruh karena permukaannya relatif rata. Tapi, bagaimana kalau menyablon di atas lekukan atau resleting, atau kalau alasnya tidaklah datar.

Untuk menyablon dua kali di layar yang sama, dengan metode berbeda menjadi larangan yang jelas. Pilihlah satu metode saja. Menyablon di kedua arah dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti gambar yang kabur dan juga kesulitan menerapkan warna lain. Teknik ini juga dapat menyebabkan distorsi yang lebih parah ketika layar kita kurang ketat.

Menyabon dengan metode menarik atau mendorong hanyalah sebuah pilihan

Sumber : Keith Stevens