New Silicon Ink Technology

Screen Printing 27 Oktober 2011 Loading..
Screen Printing

Baik sportwear maupun casual wear. Tinta dengan bahan PVC (plastisol), PU (polyurethane), dan PA (polyacrylate) adalah tinta yang paling umum digunakan di dalam aplikasi textile screen printing. Namun beberapa bahan tersebut memiliki kelemahan masing-masing seperti daya tahan cuci yang rendah, lengket, dan tidak lembut saat disentuh. Hal ini sangat membatasi penggunaannya terutama untuk aplikasi pakaian high-end. Selain itu bahanbahan tersebut juga mengandung bahan yang tidak ramah lingkungan. Padahal saat ini, brand-brand ternama memiliki regulasi yang sangat ketat bagi penggunaan tinta agar produksinya ramah lingkungan.

Tinta silikon adalah salah satu solusi bagi screen printer yang memerlukan tinta dengan kualitas yang sangat tinggi dan juga ramah lingkungan. Versi awal produk silikon memiliki beberapa kelemahan seperti kekentalan yang tinggi dan sangat glossy. Menyadari potensi pasar yang sangat tinggi akan kebutuhan tinta yang soft atau lembut, mat, elastik, berdaya cuci yang baik, dan juga ramah lingkungan, produsen tinta silikon lantas memperbaiki produknya.

Artikel ini akan memberikan penjelasan tentang pasar screen printing dan tantangan produksinya. Artikel ini juga meninjau pengembangan dan pengujian tinta silikon dari Dow Corning ® 9601. Ini merupakan tinta silikon yang ramah lingkungan, dan inovatif dan sangat cocok digunakan untuk aplikasi dalam industri tekstil. Disertakan juga data kinerja untuk membandingkan produk ini dengan tinta sablon konvensional seperti PVC, PA, dan silikon lainnya.

table 1 Typical properties of Dow Corning ® 9601 Textile Printing Ink
CTM* Property Unit Result
0050 Mixed Viscosity cP 280,000
0022 Specific Gravity   1.07
0137A Elongation % 850
0137A Tensile Strength MPa 3.2
0159A Tear Strength kN/m 4.5
0099 Hardness Shore A 16
table 2
Need Detailed Description vs. Plastisol (PVC) vs. Other Silicones
Good handle Soft touch Significantly Better Better to Significantly Better
Wash durability 10 times (5x @ 40°C + 5x @ 60°C) Significantly Better Equal
Color fast No color migration, even between red and white (tested 48 hours at 70°C [158°F]) Significantly Better Equal
Fashion appearance Gloss control, no creasing Equal Better
Low tackiness Non-sticky hand feel and no blocking problem upon folding Better Better
High elongation Suitable for high spandex (15~20%) fabric Better Better
Fast cure Skin cured in 3-6 seconds at skin temperature ranges between 100-130°C Slightly Inferior Better
Operation friendly Suitable viscosity and thixotropy for manual screen printing Slightly Inferior Better to Significantly Better
Easily pigmented and long pot life Two-part system whose minor part/major part is 8 hours of pot life Slightly Inferior Equal
Environmentally friendly Does not contain harmful materials including organotin, phthalate, formaldehyde, PVC or solvent Significantly Better Equal
table 3
Printing Ink 9601 Base White Color MB(1) (50% TiO2) Other Color MB(1) (25% active content) Catalyst
Black 100 - 5 4.5
White 78 27 - 4.5
Other color (dark) 95 5 5 4.5
Other color (light) 97.5 7 0.5 4.5
No color 100 - - 4.5

persyaratan proses

Kemudahan penggunaan adalah perhatian utama dari perusahaan dan pemasok bahan kimia tekstil ketika mengevaluasi tinta screen printing. Kebutuhan pokok dari industri screen printing adalah untuk produk tinta yang memiliki keunggulan sebagai berikut:
kimia tekstil ketika mengevaluasi tinta screen printing. Kebutuhan pokok dari industri screen printing adalah untuk produk tinta
yang memiliki keunggulan sebagai berikut:

►Mudah dicetak
►Cepat kering
►Tahan cukup lama setelah dicampur dengan katalis

Di sini sekali lagi, kita menemukan bahwa produk silikon awal kurang sempurna.
Viscocity atau kekentalan yang tidak tepat mengakibatkan tinta silikon versi awal sangat lambat kering. Hal ini mengakibatkan proses produksi menjadi terhambat.
Ada juga soal thixotropy atau rasio yang tidak tepat bagian kecil ke bagian utama. Beberapa kelemahan tinta silikon versi awal adalah sebagai berikut:

►Kekentalan yang sangat tinggi
►Tinta tidak mudah di campur dengan zat pewarna atau pigment
►Lambat kering sehingga mengurangi produksivitas

Berdasarkan penilaian ini, kita dapat menentukan tiga target teknis kunci untuk tinta silikon agar memperoleh proses kerja yang sesuai, yakni:

►Tinta yang mudah di cetak
►Mudah di campur dengan zat pewarna / pigment
►Pengeringan yang cepat pada suhu 20 - 35ºC

persyaratan kinerja

Selain menganalisis persyaratan pengolahan, perusahaan tinta silikon dan pemasok bahan kimia tekstil juga harus mempertimbangkan karakteristik kinerja tinta silikon untuk menentukan apakah itu cocok digunakan dengan sasaran sebagai berikut:

►Mudah di gunakan
►Ketahanan yang tinggi
►Daya cuci yang baik

Tinta silikon melebihi tinta plastisol dan tinta waterbase dalam semua kategori. Tinta silikon juga jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan produk plastisol.

new_silicon_ink_technology2.jpg

Solusi dari Dow Corning

Dow Corning mengembangkan tinta silicon untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan kebutuhan industri apparel dengan menciptakan tinta silikon 9601 yang ramah lingkungan dan berkualitas tinggi. Tinta ini
mudah diaplikasikan pada hampir semua kain.

Khas sifat dan fitur

Tabel 1 menunjukkan sifat khas dari produk komersial yang tersedia yang baru-baru ini Karena tahan air dan adiktifnya juga baik, hasil cetak mampu melewati 10 kali tes pencucian, 5 kali test pencucian pada suhu 40 ° C (104 ° F ) ditambah 5 kali test pencucian pada suhu 60 ° C (140 ° F ). Hasilnya tidak mengupas ataupun retak. Perhatikan bahwa dalam Tabel 2, Dow Corning 9601 tinta silikon memperoleh hasil yang lebih baik dibanding tinta jenis lainnya.

Tes independen baru-baru ini dilakukan pada tinta silikon Dow Corning 9601. Hasilnya, tinta silikon sangat sesuai dengan standar dan regulasi dari produsen baju olahraga seperti Adidas dan Nike. Tinta silikon tidak mengandung organotins, phenols, heavy metals, flame retardants, PCBs, phthalate atau zat terlarang lainnya.

Aplikasi informasi

Pewarna masterbatch yang digunakan pada tinta silikon memiliki rasio perbandingan yang tidak tetap. Ini memungkinkan pengguna akhir dengan mudah mencampur warna tinta (pigmen harus diuji untuk kompatibilitas pertama). Pewarna masterbatch rasio katalis harus disimpan di 105:4.5 untuk mempertahankan sifat mekanis yang sesuai (lihat Tabel 3).

Keuntungan Produksi menggunakan tinta silikon

Selain kinerja yang unggul, tinta silikon generasi terbaru seperti Tinta Dow Corning Tekstil 9601 menawarkan keuntungan produksi yang signifikan sebagai berikut:

►Biaya yang efektif. Tinta waterbase umumnya dapat memerlukan 12-15 lapisan cetakan untuk mencapai ketebalan yang maksimal. Tinta silikon Dow Corning 9601 hanya membutuhkan tiga lapisan cetakan untuk mencapai efek yang sama. Ini berarti penggunaan material lebih rendah, lebih cepat siklus produksinya, dan penghematan tenaga kerja.
►Mudah di campur dengan pigmen
►Ramah lingkungan. Produk tinta dengan kandungan PVC tidak dipergunakan lagi karena berdampak tidak ramah lingkungan. Tinta silikon Dow Corning sangat ramah lingkungan dan user friendly.
►Kekentalan yang kurang tepat menjadikan tinta tidak dapat melakukan penetrasi dengan baik. Tinta silicon Dow Corning memiliki kekentalan yang sangat baik sehingga cocok digunakan untuk screen printing manual.

Aplikasi Tinta Silikon

new_silicon_ink_technology3.jpgTinta silikon memiliki kombinasi yang unik sehingga sangat cocok dan mudah diaplikasikan pada hampir semua jenis kain baik kain dengan serat alami, sintetik, maupun kain elasti.
Beberapa jenis aplikasi yang dapat digunakan antara lain:

►Jerseys
►Jackets
►Pants
►Shorts
►Uniforms
►Hats & caps
►Gloves
►Bathing suits
►Shirts
►Sweaters
►Socks
►Sleepwear
►T-shirts
►Undergarments
►Sweatshirts

Kesimpulan

Generasi baru tinta silikon seperti Dow Corning 9601 memiliki keunggulan dan kualitas yang lebih baik dibanding dengan tinta jenis lainnya.
• Good hand feel
• Excellent durability
• Color fastness
• Improved fashion appearance
• High elongation
• Fast cure
• Operationfriendly
• Easily pigmented
• Environmentally sound
• Cost effective

sumber: Dow Corning
Foto-foto : Dow Corning