Proses Coating Yang Baik

Screen Printing 30 Juni 2015 Loading..
Screen Printing

Sebelum anda memulai menyablon kaos atau apapun, anda perlu mempersiapkan film terlebih dahulu pada screen. Setelah film selesai anda buat, lalu proses berikutnya adalah anda afdruk film ke atas screen.

Proses afdruk screen ini menggunakan obat afdruk untuk menghasilkan efek stencil atau gambar yang berlubang. Melalui lubang inilah nantinya tinta akan turun. Sebelum melakukan afdruk, anda perlu  melakukan pemolesan pada screen atau coating. Yang perlu anda perhatikan adalah kondisi screen harus bersih dari kotoran ataupun sisa tinta.

Anda harus memiliki ruang gelap untuk dapat melakukan coating screen ini, karena obat emulsi  yang digunakan merupakan bahan yang peka terhadap cahaya. Anda cukup menggunakan bohlam berwarna merah atau kuning dengan watt yang paling kecil  karena warnanya yang tidak terlalu terang tidak mempengaruhi emulsi.

Kesalahan kecil pada proses coating akan berakibat fatal pada hasil akhirnya. Hasil coating yang buruk biasanya disebabkan lapisan emulsi yang tipis sehingga menjadikan gerigi atau SawTooth pada hasil print. Emulsi yang terlalu tipis juga menghasilkan pin hole atau lubang kecil-kecil

Cara melakukan coating yang baik adalah sebagai berikut:

1. Coating lapisan luar atau lapisan yang akan bersentuhan dengan media yang akan disablon terlebih dahulu.
2. Coating lapisan dalam atau yang bersentuhan dengan squeegee.
3. Drying atau pengeringan, bisa dilakukan dengan Drying Cabinet atau kipas angin.
4. Lakukan coating lagi pada lapisan luar sebanyak 2 kali untuk memperhalus lapisan luar.
5. Lakukan pengeringan kembali.

Perlu diingat, pastikan emulsi yang anda gunakan berkualitas baik dan sudah tepat untuk diaplikasikan pada cetakan anda. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sangat diperlukan pemahaman atas karakter emulsi yang digunakan.

Untuk dapat melapisi dengan baik, gunakan coater yang baik sehingga pelapisan atau coating dapat dilakukan dengan baik dan menghasilkan lapisan yang rata. Selain itu, aduk emulsi dengan baik sebelum dituang kedalam coater.

Coater adalah alat yang digunakan untuk melakukan coating pada screen. Pilihlah yang sesuai dengan lebar screen yang anda miliki. Coater memiliki pelindung karet hitam dibagian ujungnya untuk menghindari benturan dengan benda lain. Ujung coater ini sangat penting sehingga harus dilindungi karena jika ujungnya rusak maka hasil coatingan anda tidak akan maksimal.