Tantangan Buat Pakaian Fitness

Screen Printing 13 September 2016 Loading..
Screen Printing

Sebelum menerima order membuat pakaian fitness, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para sabloner. Mengerjakan pakaian ini menawarkan tantangan menarik. Beberapa kendala yang harus dipikirkan sebelum menerima pekerjaan garmen ini.

Pakaian fitness memiliki sifat yang unik, karena itu harus pandai membandingkannya dengan pakaian biasa. Penyablon juga harus memutuskan metode dekorasi terbaik. Semua itu tergantung dari cara mempersiapkan, menerapkan, dan pilihan garmennya.

Untuk pakaian fitness, ada beberapa hal yang harus diketahui. Pakaian ini dapat diindentifikasikan sebagai pakaian performa, tetapi mempunyai kompresi atau bahan "dry-wicking".  Secara spesifikasi pakaian ini dibuat elastis untuk beban, cardio, yoga, olahraga, kelenturan dan lain lain.

Pakaian fitness dapat dikelompokan sesuai fungsinya, misalnya kelompok alat kompresi, garmen dry-wicking, dan alat panas dan dingin. Pengelompokkan ini untuk membantu penjualan, tetapi kurang membantu dalam tahap produksi.

Sementara itu, dalam hal dekorasi pakaian fitness, ada empat faktor yang mempengaruhi dan harus diperhatikan oleh para penyablon yaitu komposisi bahan dan kelenturan, area dekorasi garmen dan komposisi garmen.

Komposisi Bahan

Dalam membuat pakaian fitness, komponen bahan kadang sulit ditentukan. Untuk menghasilkan performa t-shirt yang lentur dibutuhkan bahan lycra dan spandex. Namun, perlu diketahui bahan ini mempengaruhi hasil akhir sablon. Jika ingin mencoba produk baru sebaiknya lakukan diskusi dengan supplier agar tidak ada kejutan selama produksi.

Tantangan yang harus pikirkan menyangkut bahan pakaian fitness adalah

  1. Bahan dan benang  yang sensitif kepada panas atau jahitan terjadi distorsi atau rapuh saat proses pengeringan.
  2. Bahan sintetis yang mungkin menolak tinta dan penempelan sablon atau membutuhkan tinta katalisator untuk di washfast. Seperti nilon dan bahan lainnya.
  3. Bahan yang sangat tipis atau bahan mesh-weave mungkin akan mentransferkan tinta kepada bahan lain.
  4. Warna garmen mungkin akan menyublim kepada tinta atau bagian lain dari garmen saat heat pressing.
  5. Permukaan yang tidak konsisten juga dapat menyebabkan hasil sablon seperti rusak atau using. Ini juga dapat terjadi apabila bahan terlalu menyerap dan tinta terlalu encer.

Lawan semua masalah itu adalah dengan mendapatkan spesifikasi jelas dari suplier. Sebaiknya minta bahan ekstra dan ambil waktu untuk mencoba metode dekorasi di bahan sebelum  produksi.

Kelenturan Bahan

Dengan bahan lentur, para decorator harus memilih, akan menyablon dengan tinta stretch atau menyablon dengan tinta biasa serta memperkirakan resiko distorsi ketika pakaiannya dipakai. Masalah ini bisa menjadi rumit apabila bahannya dibuat di bahan besar dan bergaris karena hasil sablon akan retak ketika di lenturkan. Modifikasi tinta akan dilakukan dengan menambahkan kelenturan dan terkadang mengurangi ketebalan. Pengujian diperlukan untuk memastikan permorma pakaian.

Solusi populer –salah satu pilihan bagus untuk pakaian kompresi custom dan sintetis –dengan menggunakan heat pressed vinyl. Ini akan memberikan pengeleman ekstra dan stabilitas dekorasi ketika proses kelenturan. Hal ini dapat menjadi solusi yang ringan karena tidak mempengaruhi kelenturan pakaian. Kekhawatiran menggunakan gaya dekorasi ini adalah apakah desainnya cukup simple untuk menyiangi dan disiapkan agar berhasil.

Opsi populer lainnya adalah sublimasi, dimana membutuhkan bahan yang dicampur atau di lapisi polyester untuk mentransfer tintanya secara benar. Cara ini akan menghasilkan dekorasi dan desain yang menakjubkan.

Sublimasi pakaian populer di pasaran, banyak orang berebut untuk membuat sablon dengan gaya ini karena dapat dilakukan lebih bervariasi. Contohnya, beberapa garmen dibuat dengan lengan di sublimasi tetapi bagian depannya polos untuk memberi kesan pasar untuk garmen custom.

Area Dekorasi Garmen

Permintaan sablon pakaian fitness tumbuh pesat, pakaian ini tampil dalam berbagai pengerjaan dengan heat press atau sublim berbeda-beda. Para penyablon harus memiliki ide yang jelas ketika menyablon dan menentukan harga. Perhatikan artwork, jenis garmen dan jumlah pesanan.

Komposisi Garmen

Komposisi pakaian fitness menjadi faktor penting untuk menentukan metode dan batasan gambar yang akan digunakan. Bagi mereka yang belum pernah menyablon pakaian fitness, sebaiknya memiliki contoh pakaian sebelum masuk ke tahap produksi. Jika menyablon dengan design yang besar, Anda membutuhkan ukuran terbesar dan terkecil dari pakaian itu, agar Anda tahu apakah ukuran area yang akan di sablon.

Ketika memiliki contoh, Anda bisa mengukur area yang akan disablon, lakukan pengujian untuk mengetahui seberapa sensitif kepada panas pakaian itu. Dan dapatkan ide bagaimana membuat pakaian itu dengan alat Anda.

Menyablon pakaian fitness mempunyai tantangan unik karena bahan performa, pakaian dan variable dekorasi yang harus diatur. Mengetahui kendala sebelumnya akan membantu Anda ketika akan membuat keputusan menerima pesanan atau tidak.

Sumber: Thomas Trimingham, Subs: Niaz Khan